Qanita, Aurellia (2022) Pengembangan Wisata Sejarah Berdasarkan Kepuasan Pengunjung di Museum Sejarah di Kota Bogor. Project Report. IPB University.
Text (Cover)
J3B919144-01-Aurellia-Cover.pdf Download (3MB) |
|
Text (Ringkasan)
J3B919144-03-Aurellia-Ringkasan.pdf Download (824kB) |
|
Text (Abstrak)
J3B919144-02-Aurellia-Abstrak.pdf Download (826kB) |
|
Text (Daftar isi)
J3B919144-04-Aurellia-Daftar isi.pdf Download (943kB) |
|
Text (Pendahuluan)
J3B919144-05-Aurellia-Pendahuluan.pdf Download (897kB) |
|
Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3B919144-06-Aurellia-tugasakhir.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pengembangan wisata sejarah di Museum Sejarah Kota Bogor merupakan bentuk pengembangan wisata yang dilakukan berdasarkan kepuasan pengunjung di museum sejarah yang terdapat di Kota Bogor. Tujuan Tugas akhir mengidentifikasi daya tarik dan menginvetarisasikan atraksi wisata di museum Kota Bogor, mengetahui kepuasan pengunjung di museum Kota Bogor dan merancang aktivitas serta membuat media promosi. Kegiatan dilakukan pada Agustus 2022 dengan metode observasi dan wawancara menggunakan kuesioner kepada 30 pengunjung di setiap museum. Data yang diambil adalah atraksi wisata, fasilitas, serta aktivitas wisata. Tugas Akhir dilaksanakan di Museum PETA dan Museum Perjuangan Bogor. Karakteristik pengunjung didominasi oleh responden perempuan dengan usia 12- 25 tahun dengan status belum menikah, pendidikan terakhir SMA/SMK dan pekerjaan sebagai pelajar/ mahasiswa. Kepuasan pengunjung terbagi menjadi dua, untuk Museum PETA rataan tertinggi terhadap aktivitas wisata yaitu kepada Patung, rataan tertinggi terhadap fasilitas dan sarana prasarana adalah tempat parkir, dan rataan tertinggi kepada aktivitas ialah berfoto. Kepuasan pengunjung terhadap Museum Perjuangan Bogor adalah untuk atraksi wisata rataan tertinggi adalah senjata, fasilitas sarana dan prasarana adalah toilet, dan untuk aktivitas wisata rataan tertinggi adalah berfoto. Rancangan Aktivitas kepada Museum PETA dan Museum Perjuangan bogor adalah berfoto memakai kostum pejuang 1945 dan berdiskusi untuk memecahkan teka-teki di museum. Rancangan video promosi berjudul “Rewind to 1945” dengan durasi dua menit enam detik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wisata Sejarah, Museum, Kepuasan , Pengembangan, Pengunjung, Kota Bogor. |
Subjects: | Student Project Report |
Divisions: | School of Vocational Studies > Ecotourism |
Depositing User: | Ekowisata SV IPB |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 08:53 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 08:53 |
URI: | https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/12260 |
Actions (login required)
View Item |