Monitoring Media Online dan Media Sosial pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor

Vitantiani, Alda Mevia (2022) Monitoring Media Online dan Media Sosial pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3A219296-01-Alda-cover.pdf

Download (950kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3A219296-02-Alda-ringkasan.pdf

Download (763kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3A219296-03-Alda-daftarisi.pdf

Download (795kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3A219296-04-Alda-pendahuluan.pdf

Download (893kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3A219296-05-Alda-tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Pemerintah melakukan pembenahan pada berbagai aspek untuk mencapai tujuan pembangunan, termasuk aspek pelayanan publik yang berkaitan dengan akses komunikasi dan informasi. Hal ini dilakukan oleh instansi pemerintah dari berbagai daerah, termasuk Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor yang dalam praktiknya cukup mengaplikasikan teori kehumasan. Untuk mengetahui keberhasilan dalam mencapai tujuan humas, yaitu untuk membangun hubungan yang baik dengan publik dalam rangka menciptakan citra positif dan mencapai tujuan pembangunan, maka dilakukanlah kegiatan monitoring yang salah satunya mencakup monitoring media. Adapun tujuan dari disusunnya Laporan Akhir ini adalah untuk menjelaskan monitoring media yang dilakukan oleh Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor, dimana media online dan media sosial menjadi subjek kajiannya.
Data yang digunakan dalam Laporan Akhir ini didapatkan pada saat melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor. Data yang digunakan terbagi menjadi dua, yaitu data primer yang didapatkan secara langsung dengan observasi dan partisipasi aktif pada monitoring media online dan media sosial, yang diperkuat dengan hasil wawancara, juga data sekunder yang didapatkan dari situs resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor maupun Kota Bogor. Untuk mengumpulkan data-data yang diolah pada Laporan Akhir ini, ada beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan, mencakup observasi, partisipasi aktif, wawancara, dan studi pustaka.
Monitoring media online dan media sosial telah dilakukan oleh Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor sejak tahun 2018. Pada pelaksanaan monitoring media online dan media sosial, ada beberapa tahapan yang dilalui, yaitu pengumpulan data, penyusunan klipping media online dan laporan monitoring media sosial, analisis (untuk monitoring media sosial), dan evaluasi. Monitoring media online dan media sosial yang dilakukan menghasilkan output berupa klipping media online dan laporan monitoring media sosial yang dijadikan bahan evaluasi bagi Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor.
Monitoring media online dan media sosial memiliki fungsi tersendiri bagi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor, yaitu untuk mengetahui isu-isu yang berkaitan dengan Kota Bogor, mengetahui permasalahan dan minat masyarakat, juga mengetahui perkembangan media sosial milik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor. Pada pelaksanaannya, terdapat beberapa hambatan yang dihadapi. Untuk menghadapi hambatan tersebut, telah dipertimbangkan solusi yang paling tepat yang dilakukan oleh Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: media online, media sosial, monitoring media, proses monitoring
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Communication
Depositing User: KMN SV IPB
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:39
Last Modified: 09 Aug 2022 08:39
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10481

Actions (login required)

View Item View Item