Peran dan Tugas Marketing Communication Off Air RCTI dalam Mendukung Pre-Event Project Miss Indonesia 2022

Siregar, Evy Sonya Magdalena (2022) Peran dan Tugas Marketing Communication Off Air RCTI dalam Mendukung Pre-Event Project Miss Indonesia 2022. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3A119069-01-Evy-Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3A119069-02-Evy-Ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftarisi)
J3A119069-04-Evy-Daftarisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3A119069-05-Evy-Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Tugasakhir)
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Media penyiaran atau televisi merupakan salah satu media dalam komunikasi massa. Saat ini media televisi masih sering digunakan oleh masyarakat sebagai sumber pemenuhan informasi, berita, hiburan, dan pengetahuan. PT. Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) adalah stasiun Televisi Swasta pertama di Indonesia. RCTI menayangkan berbagai program acara hiburan, informasi dan berita yang dikemas dengan menarik. Di samping itu RCTI juga memiliki beberapa ajang pencarian bakat. Salah satu program yang rutin ditayangkan stasiun televisi RCTI adalah Miss Indonesia. Project Miss Indonesia adalah ajang pencarian wanita Indonesia yang selalu mengutamakan karakter “Beauty with A Purpose” yaitu wanita yang selain memiliki paras yang cantik dan cerdas juga dapat memberikan kontribusi positif bagi kehidupan masyarakat sekitarnya. Pada proses persiapan audisi (Pre-event), diperlukan marketing communication.
Marketing Communication memiliki dua unsur pokok yaitu communication (komunikasi) dan marketing (pemasaran). Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang individu atau lebih agar pesan yang diberitakan tersebut bisa dipahami oleh lawan bicara. Pemasaran diartikan sebagai aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Marketing Communication Off Air RCTI merupakan salah satu divisi di bawah PT. Rajawali Citra Televisi Indonesia yang berperan membantu perusahaan dalam menginformasikan, mengingatkan dan menjalin hubungan, sehingga informasi yang disebar dapat menjangkau target sasaran dari Project yang akan dijalankan. Tujuan Laporan Akhir ini adalah untuk menjelaskan peran dan tugas Marketing Communication Off Air RCTI dalam mendukung Pre-Event Project Miss Indonesia 2022
Metode yang digunakan dalam penulisan Laporan Akhir ini terdiri dari tiga hal, yang pertama lokasi dan waktu pelaksanaan PKL di PT Rajawali Citra Televisi Indonesia sejak tanggal 17 Januari 2022 hingga 31 Maret 2022. Kedua, data dan instrumen yang terdiri dari primer dan sekunder. Instrumen yang digunakan dalam penyusunan Laporan Akhir yaitu, daftar pertanyaan, alat tulis, alat perekam suara, dan laptop. Ketiga, teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, partisipasi aktif, wawancara, dan studi pustaka. Peran dan tugas Marketing Communication Off Air RCTI dalam mendukung Pre-Event Project Miss Indonesia 2022 adalah mempromosikan Project Miss Indonesia 2022 dan berpartisipasi serta bertanggung jawab pada pelaksanaan audisi Miss Indonesia 2022.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: marketing communication off air, miss indonesia, pre-event, promosi
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Communication
Depositing User: KMN SV IPB
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:00
Last Modified: 04 Aug 2022 03:00
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/9930

Actions (login required)

View Item View Item