Pengembangan Produk Poky Fried Chicken Berdasarkan Preferensi Konsumen di Kota Bogor

Tri Permadani, Rani (2020) Pengembangan Produk Poky Fried Chicken Berdasarkan Preferensi Konsumen di Kota Bogor. Project Report. IPB University.

[img] Text (COVER)
J3J117304-01-RANI TRI PERMADANI-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (RINGKASAN)
J3J117304-02-RANI TRI PERMADANI-RINGKASAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
J3J117304-03-RANI TRI PERMADANI-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
J3J117304-04-RANI TRI PERMADANI-PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (TUGAS AKHIR (FULL TEXT))
J3J117304-05-RANI TRI PERMADANI-TUGAS AKHIR (FULL TEXT).pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

RANI TRI PERMADANI. Pengembangan Produk Poky Fried Chicken
Berdasarkan Preferensi Konsumen di Kota Bogor. Development of Poky Fried
Chicken Product Based on Concumer Preference in Bogor City. Dibimbing oleh
ANNISA SOEYONO.
Bisnis retail atau usaha eceran di Indonesia mulai berkembang pada kisaran
tahun 1980an seiring dengan mulai dikembangkannya perekonomian Indonesia.
Usaha retail yang terkesan biasa, namun ternyata menjadi salah satu usaha yang
mampu menembus jaman dan paling kuat terhadap gangguan serta paling mudah
untuk dimasuki, setidaknya ini terbukti dengan terus bertumbuhnya bisnis ini.
Prima Freshmart adalah satu perusahaan retail di Indonesia. Di kawasan Sekolah
Vokasi IPB terdapat satu cabang Prima Freshmart yaitu Prima Freshmart
Enterpreneur Teaching Center IPB (PFM ETC IPB). Prima Freshmart ETC IPB
menjual berbagai olahan ayam, ayam segar, dan telur. Poky fried chicken
merupakan salah produk olahan ayam yang di produksi oleh Prima Freshmart
ETC IPB. Semua bahan baku pembuatan Poky fried chicken sangat berkulitas dan
terjamin ketersediaannya karena berasal dari perusahaan sendiri yaitu CP Food.
Kelemahan dari Poky freid chicken yaitu penjualan Poky fried chicken belum
maksimal jika dibandingkan dengan total guest setiap bulannya. Untuk
mengetahui kinerja pada produk Poky fried chicken, dilakukan identifikasi dan
analisis sikap konsumen terhadap atribut-atributnya.
Tujuan dari pengembangan bisnis ini adalah : (1) Merumuskan ide
pengembangan bisnis pada Poky fried chcken di Prima Freshmart ETC IPB
berdasarkan identifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor
eksternal (peluang dan ancaman), (2) Merumuskan strategi perbaikan produk
Poky fried chcken di Prima Freshmart ETC IPB sesuai dengan hasil preferensi
konsumen, (3) Menganalisis penerimaan dan pendapatan Prima Freshmart ETC
IPB dari produk Poky fried chcken melalui R/C rasio dan analisis parsial.
Metode analisis yang digunakan dalam penulisan Kajian Pengembangan
Bisnis ini dilakukan berdasarkan perencanaan aspek non finansial dan finansial.
Aspek non finansial meliputi preferensi konsumen yang dianalisis menggunakan
model sikap multiatribut dari Fishbein, analisis SWOT, aspek produksi, aspek
pasar dan pemasaran, aspek kolaborasi, serta aspek finansial meliputi R/C rasio
dan analisis parsial.
Berdasarkan analisis analisis faktor internal dan eksternal dari Prima
Freshmart ETC IPB, maka didapatkan startegi yang mengkombinasikan antara
kelemahan dan peluang yang ada pada Prima Freshmart ETC IPB. Penerapan
strategi diformulasikan menggunakan preferensi konsumen. Preferensi konsumen
dilakukan untuk menilai apakah produk telah sesuai dengan harapan konsumen.
Preferensi konsumen dilakukan dengan menguji produk Poky fried chicken
dengan pesaing yang memiliki produk serupa. Produk pembandingnya yaitu
Chickenia fried chicken.
Hasil preferensi konsumen dianalisis menggunakan model sikap multiatribut
dari Fishbein. Berdasarkan hasil pereferensi konsumen didapatkan atribut yang
memiliki nilai rendah dibandingkan dengan pesaing. Atribut tersebut adalah ukuran fried chicken dan desain kemasan. Perbaikan yang dilakukan yaitu
memperbesar ukuran Poky fried chicken dan menambahkan label pada kemasan.
Aspek finansial dalam pengembangan bisnis Poky fried chicken yaitu
mengguanakan R/C rasio dan analisis parsial. Perhitungan R/C rasio pada keadaan
aktual adalah 1,068 dan setelah adanya pengembangan mengalami peningkatan
menjadi 1,276. Analisis parsial menunjukkan bahwa keuntungan tambahan yang
diperoleh sebesar Rp46.966.000,00 pertahun. Perhitungan R/C rasio pada keadaan
aktual adalah 1,068 dan setelah adanya pengembangan mengalami peningkatan
menjadi 1,276.
Kata kunci : analisis fishbein, poky fried chicken, Prima Freshmart, preferensi
konsumen

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: analisis fishbein, Poky fried chicken, Prima Freshmart, preferensi konsumen
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Agribusiness Management
Depositing User: Manajemen Agribisnis SV IPB
Date Deposited: 30 Sep 2020 06:53
Last Modified: 30 Sep 2020 06:53
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/3999

Actions (login required)

View Item View Item