PENGEMBANGAN PROGRAM REKREASI BERDASARKAN DEMAND PENGUNJUNG DI MUSEUM NASIONAL INDONESIA

Nada Salsabila, Khansa (2022) PENGEMBANGAN PROGRAM REKREASI BERDASARKAN DEMAND PENGUNJUNG DI MUSEUM NASIONAL INDONESIA. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3B119036-01-Khansa-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
J3B119036-02-Khansa-Abstrak.pdf

Download (762kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3B119036-03-Khansa-Ringkasan.pdf

Download (765kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3B119036-04-Khansa-DaftarIsi.pdf

Download (954kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3B119036-05-Khansa-Pendahuluan.pdf

Download (883kB)
[img] Text (Full Text)
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

KHANSA NADA SALSABILA. Pengembangan Program Rekreasi Berdasarkan Demand Pengunjung di Museum Nasional Indonesia. Di Bimbing oleh DR. INSAN KURNIA, S.Hut., M.Si.

Museum Nasional merupakan lembaga studi warisan budaya dan pusat informasi edukatif kultural dan rekreatif. Memiliki sumberdaya wisata utama berupa 194.000 koleksi dengan 7 jenis koleksi yaitu sejarah,Prasejarah, arkeologi, etnografi, geografi, keramik, numistik dan heraldik. Pengembangan program rekreasi berdasarkan demand pengunjung bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik wisatawan, mengetahui preferensi dan motivasi terhadap museum serta merancang program wisata harian berdasarkan demand pengunjung. Metode pengambilan data berupa observasi, literatur dan pembagian kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan penilaian skala likert. Teknik random sampling dengan metode close ended pada 175 responden.
Sumberdya wisata di museum nasional terbagi menjadi 3 kategori sumberdaya wisata yaitu sumberdaya wisata sejarah, (koleksi sejarah, etnografi, arkeologi, geografi, prasejarah,keramik, numistik dan heraldik), sumberdaya wisata budaya (koleksi kebudayaan, menari, gamelan) dan sumberdaya wisata buatan (Wahana ImersifA,Workshop, dan pameran tematik). Fasilitas wisata di Museum Nasional berupa Pintu masuk,loket tiket, Toilet, Parkiran, Tempat duduk, Tempat sampah, Pusat Informasi, Papan Informasi, Jalur Interpretasi, Tempat penitipan barang, Perpustakaan, Pos jaga, Cafe, Mushola dan Kantin. dominasi responden perempuan usia 17-25 tahun, tingkat pendidikan SMA/SMK sederajat berasal dari Jakarta. berprofesi sebagai pegawai swasta dan pelajar atau mahasiswa dengan penghasilan perbulan Rp. 2 juta hingga Rp. 3,5 Juta. Rata-rata reponden baru pertama kali berkunjung ke Museum Nasional Indonesia, menyukai berkunjung pada akhir pekan di waktu pagi hari bersama teman dan keluarga dalam kelompok kecil menggunakan kendaraan bus serta motor. Responden termotivasi untuk berjalan-jalan, mencari hiburan, dan melihat kesenian Indonesia melalui koleksi di museum serta berekreasi di dalam ruangan. Aktivitas yang di sukai oleh responden yaitu melihat koleksi, edukasi, serta mempelajari sejarah mengenai koleksi yang ada di Museum Nasional Indonesia.
Program Rekreasi yang di kembangkan di Museum Nasional sebanyak 5 program yaitu Tour Museum, Kids Corner, Workshop kain dan tekstil, Menari dan gamelan, serta berbelanja dengan 2 program yang di rancang yaitu Familly date dan Bhavana Museum.

Kata Kunci: Museum Nasional Indonesia, Program, Demand Pengunjung, Pengembangan wisata.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Museum Nasional Indonesia, Program, Demand Pengunjung, Pengembangan wisata.
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Ecotourism
Depositing User: Ekowisata SV IPB
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:20
Last Modified: 13 Jul 2023 07:20
URI: http://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/12321

Actions (login required)

View Item View Item