PENINGKATAN LOYALITAS KONSUMEN DENGAN OPTIMALISASI MEMBER CARD PADA PRIMA FRESHMART MAYOR OKING 2

FRANSISKA, ELLIA PUTRI (2023) PENINGKATAN LOYALITAS KONSUMEN DENGAN OPTIMALISASI MEMBER CARD PADA PRIMA FRESHMART MAYOR OKING 2. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3J118125-01-Ellia Putri Fransiska-Cover.pdf

Download (813kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3J118125-02-Ellia Putri Fransiska-Ringkasan.pdf

Download (570kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3J118125-04-Ellia Putri Fransiska-Daftar Isi.pdf

Download (652kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3J118125-05-Ellia Putri Fransiska-Pendahuluan.pdf

Download (714kB)
[img] Text (Fulltext)
J3J118125-06-Ellia Putri Fransiska-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id/

Abstract

ELLIA PUTRI FRANSISKA. Peningkatan Loyalitas Konsumen dengan
Optimalisasi Member Card pada Prima Freshmart Mayor Oking 2. Improved
Consumer Loyalty with Optimizing Member Card at Prima Freshmart Mayor
Oking 2. Dibimbing oleh WAWAN OKTARIZA.
Cibinong merupakan salah satu wilayah dengan penduduk terbanyak ke
dua setelah gunung putri di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan jumlah
penduduk sebanyak 479 jiwa (BPS 2020). Perkembangan populasi akan
mempengaruhi pola konsumsi, pola konsumsi setiap individu berbeda-beda,
semakin banyaknya jumlah anggota keluarga dan semakin besarnya jumlah
pendapatan perkapita akan meningkatkan pola konsumsi individu tersebut.
Prima Freshmart merupakan specialty store (toko khusus) menyediakan
beragam produk kebutuhan pangan dalam berbagai bentuk. Prima Freshmart
Mayor Oking 2 yang berlokasi di Kabupaten Bogor dengan kepadatan penduduk
dan lokasi yang strategis, berdasarkan keadaan tersebut dapat membuat salah satu
ide pengembangan bisnis dengan mengoptimalisasikan penggunaan member card
guna menjalin hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Pelanggan yang
merasa terpuaskan oleh suatu layanan yang diberikan dan kemudahan akses yang
diperoleh akan menimbulkan loyalitas pelanggan yang dapat meningkatkan
intensitas perbelanjaan pelanggan itu sendiri, sehingga bagi pelanggan menjadi
ulasan baik untuk terus berbelanja secara berkala di Prima Freshmart.
Tujuan kajian pengembangan bisnis ini yaitu merumuskan ide
pengembangan bisnis dengan menjalin hubungan antara pelanggan dengan
perusahaan, ide ini dilakukan dengan cara memetakan posisi Prima Freshmart
Mayor Oking 2 pada setiap blok bangunan Business Model Canvas, untuk
menjelaskan dan menilai suatu bisnis dapat menghasilkan kinerja dengan baik.
Metode analisis yang digunakan dalam pengembangan ide bisnis yaitu
analisis finansial dan non finansial. Metode analisis non finansia yang digunakan
berupa Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. Metode analisis
finansial yang digunakan berupa analisis R/C ratio.
Hasil dari pemetaan sembilan blok Business Model Canvas didapat strategi
dalam membangun loyalitas konsumen yaitu mempertahankan kualitas produk,
mempermudah akses pelanggan ke perusahaan, menyediakan diskon untuk
pelanggan, dan melakukan bazar agar pelanggan potensial dapat mengenal Prima
Freshmart Mayor Oking 2 dan akan melakukan pembelian untuk kebutuhan
sehari-hari. Hasil dari analisis finansial peningkatan pendapatan yang didapat dari
penjualan toko, penambahan pelanggan baru, dan bazar dengan total
pendapatan sebesar Rp 284.076.000.000 per tahun, dengan mengoptimalkan
penggunaan uang modal sehingga biaya yang dikeluarkan sebesar Rp
1.104.357.500. R/C rasio yang diperoleh setelah penerapan pengembangan bisnis
ini sebesar 2,29. Nilai R/C rasio > 1, sehingga strategi yang membangun
peningkatan loyalitas konsumen dengan member card pada Prima Freshmart
Mayor Oking 2 dapat dikatakan layak untuk diterapkan.
Kata kunci : bazar, business model canvas, loyalitas konsumen, member card,
prima freshmart.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: bazar, business model canvas, loyalitas konsumen, member card, prima freshmart.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Agribusiness Management
Depositing User: Manajemen Agribisnis SV IPB
Date Deposited: 26 May 2023 08:30
Last Modified: 26 May 2023 08:30
URI: http://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/12293

Actions (login required)

View Item View Item