Pendirian Unit Bisnis Keripik Pakcoy di PT Agrindo Lestari Nusantara Sentosaabadi

Utami, Novi Sri (2022) Pendirian Unit Bisnis Keripik Pakcoy di PT Agrindo Lestari Nusantara Sentosaabadi. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3J119195-Novi-01-Cover.pdf

Download (942kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3J119195-Novi-02-Ringkasan.pdf

Download (764kB)
[img] Text (Daftarisi)
J3J119195-Novi-03-Daftarisi.pdf

Download (916kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3J119195-Novi-04-Pendahuluan.pdf

Download (772kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir (Full Text).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Tanaman pakcoy salah satu tanaman sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat. Tanaman pakcoy layak untuk dijadikan bisnis atau dikembangkan untuk memenuhi permintaan konsumen yang semakin tinggi dan adanya peluang pasar yang tinggi jika ditinjau dari aspek ekonomi serta bisnisnya. PT Agrindo Lestari Nusantara Sentosaabadi merupakan salah satu usaha pertanian hidroponik di Jakarta Timur dan Kabupaten Bogor yang mempunyai banyak komoditas pakcoynya. Sayuran pakcoy yang tidak lolos sortasi setiap bulannya mengalami kenaikan. Sayuran yang tidak lolos sortasi termasuk kategori grade B yang masih bisa dijadikan produk olahan. Kegiatan sortasi ini selalu dilakukan oleh staff karyawan dan mahasiswa PKL di saat panen. Ketersediaan hasil sortasi dapat dijadikan peluang melakukan inovasi dan memberikan nilai tambah sayuran pakcoy grade B yang tidak sesuai karakteristik penjualan menjadi produk olahan keripik pakcoy. Tujuan penyusunan pendirian unit bisnis keripik pakcoy pada PT Agrindo Lestari Nusantara Sentosaabadi yaitu merumuskan ide pengembangan unit bisnis keripik pakcoy berdasarkan analisis SWOT pada lingkungan internal dan eksternal perusahaan dan mengkaji serta menganalisis kelayakan rencana pendirian unit bisnis baru pengolahan keripik pakcoy dari aspek finansial dan non finansial. Metode yang dilakukan pada unit bisnis keripik pakcoy dengan menganalisis SWOT lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Alternatif yang didapatkan dari analisis tersebut strategi SO (Strength-Opportunity) yaitu pendirian unit bisnis keripik pakcoy. Analisis pendirian unit bisnis ini juga akan dikaji melalui aspek finansial dan non finansial untuk mengetahui apakah suatu bisnis ini layak dijalankan. Perencanaan pengembangan bisnis keripik pakcoy dikaji dari aspek non finansial. Untuk aspek non finansial dilihat dari perencanaan produk, perencanaan pasar, perencanaan produksi, perencanaan organisasi, perencanaan sumber daya manusia, serta perencanaan kolaborasi pengembangan bisnis ini dapat dikatakan layak. Berdasarkan analisis finansial yang telah dilakukan dengan perhitungan cashflow. Ide bisnis pendirian unit bisnis keripik pakcoy pada PT Agrindo Lestari Nusantara Sentosaabadi dinyatakan layak untuk dijalankan hal ini didasarkan dengan hasil perhitungan NPV yaitu sebesar Rp 59.303.001,45. Nilai Net B/C 2,91; Gross B/C 1,21; IRR 69%; dan payback period 3 tahun 9 bulan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: kelayakan usaha, pakcoy, keripik pakcoy
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Agribusiness Management
Depositing User: Manajemen Agribisnis SV IPB
Date Deposited: 15 Aug 2022 08:16
Last Modified: 15 Aug 2022 08:16
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10806

Actions (login required)

View Item View Item