Peran Bidang Komunikasi Diskominfo Kudus dalam Membangun Citra Positif Bupati Kudus

Binugrahaningrum, Ratnailis (2022) Peran Bidang Komunikasi Diskominfo Kudus dalam Membangun Citra Positif Bupati Kudus. Project Report. IPB UNIVERSITY.

[img] Text (COVER)
J3A219370-01-Ratnailis-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (RINGKASAN)
J3A219370-02-Ratnailis-ringkasan.pdf

Download (762kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
J3A219370-03-Ratnailis-daftarisi.pdf

Download (786kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
J3A219370-04-Ratnailis-pendahuluan.pdf

Download (880kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR)
J3A219370-05-Ratnailis-tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

RATNAILIS BINUGRAHANINGRUM. Peran Bidang Komunikasi Diskominfo Kudus dalam Membangun Citra Positif Bupati Kudus. The Role of Communicaton Field for the Communication and Information Technology Office of Kudus Regency in Building a Positive Image of the Kudus Regent. Dibimbing oleh LEONARD DHARMAWAN.
Tujuan yang akan dibahas pada Laporan Akhir ini meliputi memahami peran Bidang Komunikasi Dinas Kominfo dalam membangun citra positif Bupati Kudus, memahami bentuk kegiatan dan program Dinas Kominfo Kudus dalam membangun citra positif Bupati Kudus, memahami hambatan dan solusi dalam membangun citra positif Bupati Kudus. Laporan Akhir ini berdasarkan pada kegiatan Praktik Kerja Lapangan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kudus (Diskominfo) selama dua bulan dengan menggunakan data primer, data sekunder dan instrumen. Hasil laporan ini berdasarkan pengamatan langsung, partisipasi aktif, dan wawancara oleh pihak yang terkait.
Diskominfo Kudus merupakan Lembaga Teknis Daerah dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 3 Tahun 2016, Tanggal 5 Oktober 2016, serta merupakan penggabungan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Bidang dan Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus  yaitu Bidang Kominfo (dishubkominfo) dengan Bagian Humas Sekretaris Daerah kudus. Dengan demikian Diskominfo terbentuk sejak diberlakukannya perda tersebut.
Citra merupakan pandangan dan kesan yang diberikan kepada suatu lembaga, organisasi, atau pribadi seseorang terutama pemimpin daerah. Citra pemimpin daerah dalam aktivitas publik sangat dipengaruhi oleh peran humas pemerintah daerah. Baik atau buruknya pemimpin daerah dapat dilihat melalui publikasi informasi yang dibuat oleh humas daerah melalui berbagai bentuk kegiatan. Hasil laporan ini berdasarkan pengamatan langsung, keikutsertaan, dan wawancara oleh pihak yang terkait.
Peran Bidang Komunikasi Diskominfo Kudus ialah sebagai humas pemerintah yang salah satu bentuk kegiatannya membangun citra positif Pemerintah Kabupaten Kudus dan Bupati Kudus dengan berbagai kegiatan. Bidang Komunikasi Diskominfo Kudus dalam menjalankan perannya sebagai Humas Pemerintah Kabupaten Kudus mempunyai beberapa kegiatan untuk membangun citra Bupati atau Pemerintah Kabupaten Kudus antara lain, melaksanakan pelayanan informasi publik dalam rangka keterbukaan informasi publik, membuat dan menyediakan konten-konten dan pengelolaan komunikasi publik, menyelenggarakan publikasi program kegiatan pemerintah kabupaten, menyelenggarakan pengelolaan layanan dengan aplikasi pengaduan masyarakat, menyelenggarakan kemitraan dengan media untuk menunjang sinergitas pemberitaan, menyelenggarakan liputan kegiatan Pemerintah Kabupaten, fasilitasi dan pembinaan komunikasi sosial yang ada di Pemerintah Kabupaten. Bidang Komunikasi Diskominfo Kudus dalam membangun citra Bupati memiliki hambatan terkait hambatan manusiawi dan hambatan kultur instansi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: bupati, citra, humas, kegiatan, peran
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Communication
Depositing User: KMN SV IPB
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:05
Last Modified: 09 Aug 2022 08:05
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10471

Actions (login required)

View Item View Item