Evaluasi Penerapan Material Requirement Planning Pada Local Part Engine Diesel 4D34 Turbo Engine Plant di PT Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing Jakarta.

Fatih, Faroby Nur (2019) Evaluasi Penerapan Material Requirement Planning Pada Local Part Engine Diesel 4D34 Turbo Engine Plant di PT Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing Jakarta. Project Report. IPB University.

[img] Text
J3K216190-01-Faroby Nur Fatih-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
J3K216190-02-Faroby Nur Fatih-Ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
J3K216190-04-Faroby Nur Fatih-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
J3K216190-05-Faroby Nur Fatih-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
J3K216190-06-Faroby Nur Fatih-Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://sv.ipb.ac.id

Abstract

PT Mitsubishi Krama Yudha Motors And Manufacturing Engine Plant (PT MKM), PT MKM merupakan perusahaan yang memproduksi engine, transmission dan lain-lain untuk mobil niaga. Jenis produk yang dihasilkan ditunjukan untuk kendaraan niaga merek Mitsubishi seperti Colt Diesel, Fuso, L300.

Penerapan pengendalian persediaan part perakitan meliputi analisis kebutuhan part perakitan yang dibutuhkan dalam Engine 4D34 yang digunakan untuk mobil Colt Diesel, klasifikasi part perakitan mengguanakan analisis ABC, pengendalian persediaan part perakitan menggunakan sistem Material Requirement Planning (MRP), dan evaluasi biaya pemesanan dan penyimpanan.
Pengendalian persediaan part perakitan menggunakan metode MRP dengan membandingkan lot size yang akan digunakan dalam tabel MRP dengan lead time selama 1 hari. Metode lot size yang akan dibandingkan antara lain lot size actual perusahaan, multiple, Lot for Lot (L4L) dan Economic Order Quantity (EOQ). Pengendalian part perakitan yang diterapkan oleh PT MKM menggunakan lot size multiple atau kelipatan jumlah part perakitan yang akan dipesan. Hal tersebut sudah menjadi kesepakatan antara perusahaan dengan supplier.

Part perakitan dalam pembuatan Engine 4D34 sebanyak 105 untuk part lokal dan 163 untuk part Completely Knock Down (CKD) dan untuk part local dikelompokkan menjadi 3 kelas dengan metode analisis ABC yaitu A, B, dan C. Berdasarkan kelas tersebut terdapat 15 part yang masuk ke dalam kelas A yaitu (1) Piston STD, (2) Inlet Manifold Assy, (3) Pipe Exhaust, (4) Disc Assy Clutch C3, (5) Cover Assy Clutch C3, (6) Disc Assy Clutch C4, (7) Cover Assy Clutch C4, (8)
Stater, (9) Alternator, (10) Stoper, (11) Cooler Assy Oil, (12) Exhaust RR, (13) Cover Assy Roker, (14) Plate Thrust STD, (15) Fly Wheel Assy (T7, T8). Lima belas part tersebut yang akan dikendalikan menggunakan metode MRP.

Evaluasi metode perbandingan lot size pada perhitungan MRP menghasilkan rata-rata terkecil local part perakitan Engine Diesel 4D34 Turbo yang disimpan dalam satu periode. Hasil perhitungan rata-rata local part yang disimpan untuk salah satu part yaitu Fly Wheel Assy (T7, T8) didapat untuk metode perusahaan, multiple, L4L, dan EOQ masing-masing sebesar 1230 unit, 218 unit, 198 unit, dan 564 unit. Hasil evaluasi total biaya dengan membandingkan lot sizing didapat total biaya metode perusahaan sebesar Rp 100 155 314, metode multiple sebesar Rp 25 794 784, metode L4L sebesar Rp 22 679 385, dan EOQ sebesar Rp 64 078 580.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Analisis ABC, engine, EOQ, lot fot lot, material requirement planning, multiple.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Industrial Management
Depositing User: User SV IPB
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:32
Last Modified: 10 Mar 2020 02:32
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item