Pengembangan Wisata Pendakian Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pengunjung di Resort Sembalun dan Senaru Taman Nasional Gunung Rinjani

Andjani, Diazzahra (2022) Pengembangan Wisata Pendakian Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pengunjung di Resort Sembalun dan Senaru Taman Nasional Gunung Rinjani. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3B219106-01-Diazzahra-Cover.pdf

Download (957kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3B219106-02-Diazzahra-Ringkasan.pdf

Download (764kB)
[img] Text (Abstrak)
J3B219106-03-Diazzahra-Abstrak.pdf

Download (769kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3B219106-04-Diazzahra-Daftarisi.pdf

Download (851kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3B219106-05-Diazzahra-Pendahuluan.pdf

Download (772kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) merupakan kawasan konservasi dengan zona pemanfaatan wisata pendakian dan non-pendakian, wisata pendakian TNGR banyak diminati oleh pengunjung. Pengembangan Wisata Pendakian Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pengunjung bertujuan untuk mengidentifikasi komponen wisata, karakteristik pengunjung, dan penilaian kepuasan pengunjung. Metode pengambilan data dengan observasi, inventarisasi, kuesioner, dan studi literatur. Analisis data dengan analisis kualitatif komponen wisata dan karakteristik, kuantitatif data penilaian skala likert.
Atraksi wisata pendakian di TNGR yaitu Puncak Rinjani, Anak Gunung Baru Jari, Danau Segara, Pelawangan, Savana, Air Terjun Penimbungan, dan Goa Susu. Akomodasi di TNGR yaitu akomodasi hotel, villa, homestay, guesthouse, bungalow, rumah makan, warung, restoran, dan café. Amenitas di TNGR yaitu jalan setapak, pintu masuk, papan interpretasi, penunjuk arah, informasi, loket tiket, pusat informasi, pos, shelter, tempat duduk, mushola, toilet, penyewaan alat, ATM,
dan money changer. Akses transportasi di TNGR yaitu mobil engkel, pickup, SUV, hiace damri, motor, dan sepeda. Jalur pendakian TNGR yaitu sembalun, senaru,
torean, dan senanga. Ancillary service di TNGR yaitu track organizer, guide, dan porter. Penilaian kepuasan pengunjung tertinggi yaitu atraksi danau, aktivitas menikmati pemandangan, akomodasi hotel dan rumah makan, amenitas pintu
masuk, akses jalur, dan ancillary porter. Pengembangan wisata pendakian dilakukan pada komponen wisata dengan tingkat kepuasan yang rendah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Taman Nasional Gunung Rinjani, Komponen Wisata, Kepuasan, Pengunjung, Pengembangan Wisata
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Ecotourism
Depositing User: Ekowisata SV IPB
Date Deposited: 08 Nov 2022 08:34
Last Modified: 08 Nov 2022 08:34
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/12219

Actions (login required)

View Item View Item