Penerapan Pengendalian Persediaan Raw Material Duplex di PT Putra Nugraha Sentosa Klaten Jawa Tengah

Wahyuningtyas, Zulaikhah (2022) Penerapan Pengendalian Persediaan Raw Material Duplex di PT Putra Nugraha Sentosa Klaten Jawa Tengah. Project Report. IPB University.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover)
J3K119133-01-Zulaikhah Wahyuningtyas-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3K119133-02-Zulaikhah Wahyuningtyas-Ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3K119133-03-Zulaikhah Wahyuningtyas-Daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3K119133-04-Zulaikhah Wahyuningtyas-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir (Full Text).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

ZULAIKHAH WAHYUNINGTYAS. Penerapan Pengendalian Persediaan Raw Material Duplex di PT Putra Nugraha Sentosa Klaten Jawa Tengah. Implementation of Inventory Control Raw Material Duplex in PT Putra Nugraha Sentosa Klaten Central Java. Dibimbing oleh AGUNG PRAYUDHA HIDAYAT.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan di PT Putra Nugraha Sentosa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan packaging & komersial dengan mesin yang berkualitas dan cepat. Packaging merupakan hasil produksi utama pada PT Putra Nugraha Sentosa. Duplex dan ivory adalah bahan baku utama dalam pembuatan packaging. Bahan baku akan diproses melalui beberapa tahap seperti desain, ctcp, potong bahan baku, offset, laminasi, pon, serta lem untuk menjadi sebuah packaging (kemasan). PT Putra Nugraha Sentosa berlokasi di Jalan Raya Jogja-Solo, Kelurahan Klepu, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, 57465 dengan luas 20.000 m2.
Pengendalian persediaan packaging di PT Putra Nugraha Sentosa menggunakan FIFO (First In First Out). Jenis persediaan di PT Putra Nugraha Sentosa adalah persediaan bahan baku utama, persediaan bahan baku pembantu, dan persediaan barang jadi. Permasalahan yang sering terjadi adalah kelebihan bahan baku utama (overstock), akibat dari permasalahan tersebut menambah biaya persediaan. PT Putra Nugraha Sentosa untuk packaging beroperasi selama 8, 12, 16 atau 24 jam perhari sesuai dengan pesanan konsumen dengan tipe produksi yaitu make to order. Jenis gudang yang ada di PT Putra Nugraha Sentosa adalah gudang kertas, gudang bahan baku, serta gudang bahan pembantu dan sparepart.
Pengendalian persediaan mempelajari mengenai sistem manajemen persediaan, jenis – jenis persediaan, biaya pemesanan dan penyimpanan, analisis ABC, penerimaan dan pengeluaran bahan baku. Bahan baku utama dalam pembuatan packaging masuk kelas A yaitu bahan duplex, karena bahan baku tersebut merupakan sering digunakan dalam packaging. Metode pengendalian persediaan yang sesuai perhitungan persediaan bahan baku utama di PT Putra Nugraha Sentosa pada packaging dengan menggunakan metode independent untuk menentukan ROP dan safety stock.
ROP digunakan untuk mengetahui kapan waktu pesan yang tepat untuk memesan bahan baku berdasarkan stock yang tersisa di gudang, sehingga tidak terjadi keterlambatan bahan baku yang di pesan. Safety stock untuk mengetahui jumlah optimum yang harus ada di gudang sebagai pengaman bahan baku.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: duplex, overstock, make to order, ROP, safety stock
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Industrial Management
Depositing User: Manajemen Industri SV IPB
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:23
Last Modified: 23 Aug 2022 03:23
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11309

Available Versions of this Item

  • Penerapan Pengendalian Persediaan Raw Material Duplex di PT Putra Nugraha Sentosa Klaten Jawa Tengah. (deposited 23 Aug 2022 03:23) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item