PERENCANAAN PROGRAM PEMANDUAN WISATA ALAM DI KABUPATEN PANGANDARAN PROVINSI JAWA BARAT

Fadilah, Mutiara Dani (2022) PERENCANAAN PROGRAM PEMANDUAN WISATA ALAM DI KABUPATEN PANGANDARAN PROVINSI JAWA BARAT. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3B119047-01-Mutiara-Cover (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3B119047-02-Mutiara-Ringkasan.pdf

Download (836kB)
[img] Text (Abstrak)
J3B119047-03-Mutiara-Abstrak.pdf

Download (770kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3B119047-04-Mutiara-Daftar Isi.pdf

Download (884kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3B119047-05-Mutiara-Pendahuluan.pdf

Download (809kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Kabupaten Pangandaran merupakan kabupaten baru yang sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Ciamis dan salah satu program intensif yang dilakukan pemerintah Kabupaten Pangandaran adalah pembangunan di bidang pariwisata agar lebih dikenal oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara dengan program pemanduan wisata untuk destinasi wisata yang ada. Perencanaan Program Pemanduan Wisata Alam di Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat memiliki tujuan mengidentifikasi sumberdaya wisata alam unggulan yang terdapat di wilayah Kabupaten Pangandaran, karakteristik, preferensi dan motivasi wisatawan, karakteristik, persepsi, dan kesiapan masyarakat serta pengelola,merancang program pemanduan wisata, materi pemanduan wisata alam di Kabupaten Pangandaran, dan media promosi terkait program pemanduan wisata alam di Kabupaten Pangandaran. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah studi literatur, observasi, wawancara, serta penyebaran kuesioner. Sumberdaya wisata unggulan yang terdapat di Kabupaten Pangandaran berjumlah enam. Hasil penyebaran kuesioner wisatawan menilai program pemanduan wisata
dapat memberikan pengetahuan baru tidak hanya pengetahuan umum melainkan sejarah hingga keunikan dari setiap sumberdaya wisata unggulan yang terdapat di Kabupaten Pangandaran, sehingga program pemanduan wisata perlu dilakukan. Hasil penyebaran kuesioner masyarakat menilai bahwa perlu dilakukannya program pemanduan wisata dengan adanya program pemanduan wisata akan banyak wisatawan ke Kabupaten Pangandaran, hal tersebut akan menambah pendapatan masyarakat karena mayoritas bekerja sebagai pedagang dan pelaku wisata. Pengelola menilai bahwa programpemanduan wisata perlu dilakukan untuk memberikan informasi yang lebih bagi wisatawan. Luaran atau output yang dihasilkan yaitu program pemanduan wisata, materi program pemanduan wisata dan media promosi berupa leaflet.
Kata Kunci: Wisata Alam, Program Pemanduan, Pangandaran Jawa Barat

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Wisata Alam, Program Pemanduan, Pangandaran Jawa Barat
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Ecotourism
Depositing User: Ekowisata SV IPB
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:17
Last Modified: 23 Aug 2022 03:17
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11282

Actions (login required)

View Item View Item