Pembangunan Sistem Informasi Skema Pembiayaan bagi Jemaah (SIAP) di PT Ventura Semesta Wisata

Fachrezi, Muhammad Sheva (2022) Pembangunan Sistem Informasi Skema Pembiayaan bagi Jemaah (SIAP) di PT Ventura Semesta Wisata. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3C119087-01-Muhammad Sheva-cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3C119087-02-Muhammad Sheva-ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3C119087-03-Muhammad Sheva-Daftarisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3C119087-04-Muhammad Sheva-pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

MUHAMMAD SHEVA FACHREZI. Pembangunan Sistem Informasi Skema Pembiayaan bagi Jemaah (SIAP) di PT Ventura Semesta Wisata (Development of a Financing Scheme Information System for Umrah and Muslim Tour Pilgrims (SIAP) at PT Ventura Semesta Wisata). Dibimbing oleh FIRMAN ARDIANSYAH dan MEDHANITA DEWI RENANTI.
Sebuah Sistem informasi terdiri atas program yang dijalankan guna mencapai tujuan perusahaan seperti pengolahan data atau pengiriman dokumen. PT Ventura Semesta Wisata atau disingkat Ventour adalah sebuah biro perjalanan umrah, haji dan wisata muslim di Indonesia. Ventour sendiri mempunyai sebuah layanan skema pembiayaan syariat cicilan dan tabungan bagi jemaah. Layanan tersebut bertujuan untuk membuat jemaah dapat melakukan umrah, haji, atau wisata muslim dengan metode skema pembiayaan. Seiring berjalannya waktu, layanan skema pembiayaan ini cukup banyak diminati oleh masyarakat, hal ini membuat penulis berinisiatif untuk membuat sebuah sistem informasi skema pembiayaan. Tujuannya adalah untuk pegawai Ventour dapat mengelola data jemaah yang melakukan skema pembiayaan dengan sebuah sistem informasi berbasis web. Sistem informasi ini juga bertujuan untuk mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh pegawai dalam penginputan data, serta membuat jemaah dapat mengirimkan dokumen persyaratan melalui sistem informasi skema pembiayaan ini.
Pembangunan sistem informasi skema pembiayaan bagi jemaah atau disingkat Ventour SIAP menggunakan metode Waterfall. Metode Waterfall adalah metode pembangunan sistem informasi yang mana setiap tahapannya berjalan secara berurutan. Tahapan-tahapan yang ada harus diselesaikan terlebih dahulu jika ingin lanjut ketahap selanjutnya dan kebutuhan sistemnya sudah jelas pada setiap tahapannya. Terdapat lima tahapan dalam metode Waterfall, yang pertama adalah komunikasi, perencanaan kebutuhan sistem, pemodelan, konstruksi, dan pengoperasian. Pada pembangunan sistem informasi Ventour SIAP ini menghasilkan solusi dari pemasalahan yang ada pada PT Ventura Semesta Wisata mengenai layanan metode skema pembiayaan bagi jemaah. Solusi tersebut membuat pegawai PT Ventura Semesta Wisata dapat melakukan pendataan jemaah yang melakukan skema pembiayaan baik itu cicilan ataupun tabungan. Pegawai juga dapat melakukan pengubahan data jemaah skema pembiayaan dalam bentuk PDF dan Excel, serta melihat ringkasan analisis lewat grafik yang ada pada sistem informasi Ventour SIAP. Jemaah dalam penggunaannya pada sistem informasi Ventour SIAP ini juga dapat melihat jadwal keberangkatan, dan mengunggah dokumen persyaratan yang ada, hal ini membuat jemaah tidak perlu menggunakan platform lain dalam pengiriman dokumen persyaratannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: CodeIgniter, jemaah, metode Waterfall, sistem informasi, skema pembiayaan
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Management of Informatics
Depositing User: Manajemen Informatika SV IPB
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:19
Last Modified: 23 Aug 2022 01:19
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11265

Actions (login required)

View Item View Item