Proses Pembuatan Konten IPB Tips pada Instagram IPB University

Salsabila, Sakhoyya (2022) Proses Pembuatan Konten IPB Tips pada Instagram IPB University. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3A219381-01-Sakhoyya-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3A219381-02-Sakhoyya-Ringkasan.pdf

Download (880kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3A219381-03-Sakhoyya-DaftarIsi.pdf

Download (769kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3A219381-04-Sakhoyya-Pendahuluan.pdf

Download (768kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3A219381-05-Sakhoyya-TugasAkhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Informasi memiliki peran yang besar bagi kehidupan masyarakat. Media sosial menjadi suatu hal yang digunakan masyarakat dalam memperoleh informasi, salah satunya yaitu Instagram. Instagram merupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai tempat untuk berbagi foto, video, dan deskripsinya kepada masyarakat, serta dapat digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan informasi. IPB University merupakan salah satu institusi pendidikan yang menggunakan Instagram sebagai media dalam menyebarkan informasi seputar kampus IPB, yaitu @ipbofficial. Instagram IPB dikelola oleh Biro Komunikasi IPB bagian Hubungan Masyarakat. Humas IPB memiliki tim media sosial yang bertanggung jawab dalam mengelola media sosial, termasuk dalam membuat konten hingga mempublikasikan konten pada media sosial IPB. Proses pembuatan konten yang baik berperan penting untuk menghasilkan konten yang informatif dan bermanfaat kepada masyarakat yang mengikuti akun Instagram IPB University.
Tujuan Laporan Akhir ini adalah menjelaskan pembuatan konten IPB Tips yang akan dipublikasikan dalam Instagram IPB University serta hambatan dan solusi yang dialami pada proses pembuatan konten IPB Tips. Lokasi pengumpulan data untuk penulisan Laporan Akhir ini dilakukan saat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di Biro Komunikasi IPB bagian Humas yang dilakukan secara daring (dalam jaringan). Waktu pengumpulan data dilaksanakan selama empat puluh hari tertanggal 9 Februari–8 April 2022. Data yang digunakan dalam penulisan Laporan Akhir ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah partisipasi aktif, wawancara, dan studi pustaka.
IPB University mempublikasikan 16 konten informatif yang membahas seputar kampus IPB serta konten pengetahuan lainnya yang dipublikasikan setiap hari pada akun Instagram @ipbofficial sesuai dengan silabus yang ditetapkan. Salah satu konten yang dipublikasikan dalam Instagram IPB yaitu konten IPB Tips. Konten media sosial IPB ini dikelola oleh tim media sosial yang memiliki masing-masing tugas dalam proses pembuatan konten. Proses pembuatan konten IPB Tips terdiri dalam lima tahapan, dimulai dari melakukan rapat bulanan, melakukan wawancara dengan narasumber, membuat desain konten, pengecekan konten, dan publikasi konten.
Proses pembuatan konten IPB Tips tentu mengalami beberapa hambatan dalam menjalankan tahapannya dan tidak berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Hambatan yang terjadi yaitu pada saat narasumber menolak untuk diwawancara, ketidaksesuaian waktu wawancara menghambat proses pembuatan konten, keterbatasan tenaga kerja dan keterbatasan ide membuat konten. Setiap hambatan tersebut telah didiskusikan dan dipertimbangkan solusi terbaik untuk mengatasi hambatan yang dialami.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: informasi, IPB, proses pembuatan konten
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Communication
Depositing User: KMN SV IPB
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:07
Last Modified: 09 Aug 2022 08:07
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10473

Actions (login required)

View Item View Item