Penolakan Produk Sosis Sapi dan Produk Siomay Original pada Dua UMKM di Kota Bogor akibat Kerusakan Fisik

Musthofa, Nadia Laily (2022) Penolakan Produk Sosis Sapi dan Produk Siomay Original pada Dua UMKM di Kota Bogor akibat Kerusakan Fisik. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3E119071-01-nadia-cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3E119071-02-nadia-ringkasan.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3E119071-03-nadia-daftarisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3E119071-04-nadia-pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3E119071-05-nadia-tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

D’MAMAM Healthy Premium Frozen Food dan Siomay Abah Uki merupakan industri pangan yang bergerak di bidang pengolahan makanan beku. Pangan olahan beku merupakan pangan berisiko tinggi (high risk food) karena bahan baku yang digunakan sebagian besar berasal dari bahan pangan yang berisiko tinggi seperti unggas, ikan dan daging dan proses produksi produk olahan beku diolah melalui beberapa tahapan yang memiliki kemungkinan mengalami ketidaksesuaian yang dapat mengakibatkan produk menjadi tidak memenuhi standar produk perusahaan atau disebut produk reject.
Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini bertujuan menganalisis faktor-faktor penyebab penolakan produk sosis sapi di UMKM D’MAMAM dan produk siomay original di UMKM Siomay Abah Uki. Analisis ini dilakukan dengan mengumpulkan data-data produk reject kemudian data dianalisis menggunakan diagram pareto untuk menentukan jenis produk reject yang dominan untuk diutamakan dalam proses analisis. Diagram Ishikawa digunakan untuk mengetahui akar permasalahan ditolaknya produk sehingga selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan yang tepat meliputi beberapa faktor yaitu faktor pekerja/man, alat/machine, bahan/material, metode/method dan lingkungan/mother nature.
Berdasarkan data penolakan produk sosis sapi di UMKM D’MAMAM selama bulan Februari–Maret 2022 diketahui bahwa penyebab penolakan produk dikarenakan pecah selongsong sosis sapi. Hasil pemantauan ditabulasikan ke dalam tabel dan diagram pencar untuk menggambarkan fluktuasi data serta dilanjutkan analisis menggunakan diagram Ishikawa. Hasil analisis diagram Ishikawa diketahui bahwa pecah selongsong sosis sapi D’MAMAM dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor pekerja disebabkan oleh skill pekerja dan pekerja yang terburu-buru; faktor alat disebabkan oleh oven, stuffer, dan steamer; faktor metode disebabkan oleh pengaturan mesin dan metode pengikatan manual, serta faktor bahan disebabkan oleh adonan dan kualitas bahan baku.
Berdasarkan data pemantauan kegiatan proses produksi produk siomay original di UMKM Siomay Abah Uki selama bulan April–Mei 2022 yang dianalisis menggunakan diagram pareto menunjukkan bahwa produk reject yang paling dominan dengan persentase sebesar 63% yaitu siomay dengan bentuk tidak sesuai. Hasil analisis diagram Ishikawa diketahui bahwa penolakan produk siomay original dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor pekerja disebabkan oleh pekerja yang belum terlatih proses shaping dan kurangnya tenaga kerja; faktor alat disebabkan oleh keterbatasan peralatan dan suhu tidak stabil; faktor metode disebabkan oleh belum terdapat instruksi kerja dan kurangnya pengawasan mutu; serta faktor lingkungan suhu ruangan panas. Tindakan perbaikan perlu dilaksanakan untuk meningkatkan efektivitas produksi dan meningkatkan profit perusahaan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: diagram Ishikawa, diagram pareto, penolakan produk, reject
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Food Quality Assurance Supervisor
Depositing User: Supervisor Jaminan Mutu Pangan SV IPB
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:03
Last Modified: 05 Aug 2022 02:03
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10189

Actions (login required)

View Item View Item