Evaluasi Ketepatan Waktu Distribusi Makan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor

Sekarningrum, Alya (2022) Evaluasi Ketepatan Waktu Distribusi Makan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3F119003-01-Alya-Cover.pdf

Download (617kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3F119003-02-Alya-Ringkasan.pdf

Download (483kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3F119003-03-Alya-Daftarisi.pdf

Download (509kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3F119003-04-Alya-Pendahuluan.pdf

Download (553kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

ALYA SEKARNINGRUM. Evaluasi Ketepatan Waktu Distribusi Makan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor. Dibimbing oleh ANNISA RIZKIRIANI.
Distribusi makanan merupakan serangkaian proses kegiatan penyampaian makanan sesuai dengan jenis makanan dan jumlah porsi pasien yang dilayani. Salah satu syarat distribusi makanan yaitu adanya jadwal pendistribusian makanan yang ditetapkan. Dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit, salah satu indikator mutu pelayanan rumah sakit adalah ketepatan pemberian makanan pasien dengan capaian target yaitu >90%. Standar SPM tercapai maka akan mendukung proses penyembuhan penyakit lebih cepat karena ketepatan waktu pemberian makan berkaitan dengan siklus biologis manusia dan metabolisme tubuh. Pengamatan dilakukan untuk mengevaluasi ketepatan waktu distribusi makan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor melalui metode pengambilan data secara primer dan sekunder serta menggunakan metode analisis deskriptif, dilakukan dengan mengumpulkan data-data dan diolah secara komputerisasi dalam bentuk diagram garis membandingkan dengan standar. Berdasarkan hasil pengamatan, data ketepatan waktu distribusi makanan yang dilakukan selama 7 hari pada makan pagi sampai selingan sore diketahui bahwa dilaksanakan tepat waktu sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan RSUD Kota Bogor. Pengamatan distribusi makan malam terdapat 4 hari yang tidak dilaksanakan dengan tepat waktu diperoleh 47% yaitu lebih cepat. Hasil pengamatan dari ketidaktepatan distribusi makan malam dikarenakan hidangan makan malam sampai di Instalasi Gizi pukul 15.30 WIB. Saat makanan sampai, pramusaji bersiap untuk memorsikan makanan. Waktu yang dibutuhkan untuk permosian yaitu sekitar satu jam. Sehingga pada pukul 16.30 WIB makan malam sudah siap untuk didistribusikan.
Kata Kunci : Distribusi, Evaluasi, Jadwal, Ketepatan Waktu, Penyelenggaraan Makanan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Evaluasi, Jadwal, Ketepatan Waktu, Penyelenggaraan Makanan
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Industrial Management of Service, Food and Nutrition
Depositing User: Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi SV IPB
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:30
Last Modified: 04 Aug 2022 08:30
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10123

Actions (login required)

View Item View Item