Mukrominatin, Metty Ken (2022) Pembuatan Sistem Informasi Akademik Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut Modul Mahasiswa di PT Maxxima Innovative Engineering. Project Report. IPB University.
Text (Cover)
J3C119079-01-Metty Ken-Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text (Ringkasan)
J3C119079-02-Metty Ken-Ringkasan.pdf Download (383kB) |
|
Text (Daftar Isi)
J3C119079-03-Metty Ken-DaftarIsi.pdf Download (1MB) |
|
Text (Pendahuluan)
J3C119079-04-Metty Ken-Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text (Tugas Akhir)
J3C119079-05-Metty Ken-TugasAkhir.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
PT Maxxima Innovative Engineering adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pengembangan perangkat lunak dalam membantu manajemen proses bisnis kliennya. Dalam pengerjaan tugas akhir ini klien yang bekerja sama dengan perusahaan adalah Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal). Seskoal adalah Badan Pelaksana Pusat TNI Angkatan Laut yang mengemban tugas pokok yaitu melaksanakan pendidikan pengembangan umum tertinggi Perwira Angkatan Laut. Pada jenjang pendidikan sekolah staf dan komando di tingkat angkatan laut diperlukan suatu sistem informasi yang berguna untuk mencapai tujuan dan visi misi organisasi. Kebutuhan sistem informasi ini sering disebut sebagai Sistem Informasi Akademik (Siak) berbasis web. Pembuatan sistem informasi akademik berbasis web ini dipilih karena dapat diakses di mana saja selama masih terhubung dalam jaringan internet, strategi untuk memecahkan masalah yang ada dalam Seskoal terkait pelaksanaan sistem pembelajaran dan pengelolaan data seperti manipulasi data diri mahasiswa, melihat pengumuman, melihat jadwal mata kuliah, mengerjakan tes evaluasi, melihat serta mencetak rekapitulasi nilai yang dapat diakses oleh mahasiswa di lingkup Seskoal.
Pengerjaan sistem ini menggunakan model Scrum yang merupakan bagian dari Agile method. Metode ini diawali analisis kebutuhan sistem dan penerapan Scrum. Pada tahap analisis kebutuhan sistem dilakukan analisis masalah, deskripsi sistem, dan analisis kebutuhan perangkat lunak. Tahap penerapan Scrum terdiri dari tiga fase yaitu pregame, game, dan postgame. Melalui metode Scrum ini, sistem informasi akademik Seskoal berbasis web modul mahasiswa selesai dibuat dan sudah dilakukan black box testing. Hasil dari sistem informasi akademik berbasis web modul mahasiswa sudah berjalan dan sesuai dengan kebutuhan dari pihak Seskoal.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Codeigniter, Scrum, Seskoal, Siak, Web |
Subjects: | Student Project Report |
Divisions: | School of Vocational Studies > Management of Informatics |
Depositing User: | Manajemen Informatika SV IPB |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 07:56 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 07:57 |
URI: | https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/9855 |
Actions (login required)
View Item |