Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektivitas Penyebaran Berita Solopos.com

Puspitaningarum, Deasy (2020) Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektivitas Penyebaran Berita Solopos.com. Project Report. IPB University.

[img] Text (cover)
J3A117292-01-Deasy Puspitaningarum-Cover_1.pdf

Download (538kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3A117292-02-Deasy Puspitaningarum-02-Ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3A117292-03-Deasy Puspitaningarum-03-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3A117292-04-Deasy Puspitaningarum-04-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir(Full Text))
J3A117292-05-Deasy Puspitaningarum-05-Laporan Tugas Akhir-Protect.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://sv.ipc.ac.id

Abstract

DEASY PUSPITANINGARUM. Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektivitas Penyebaran Berita Solopos.com. The Use of Social Media For The Effectiveness of News Distribution of Solopos.com. Laporan Akhir Program Studi Komunikasi, Sekolah Vokasi, Institut Pertanian Bogor. Dosen Pembimbing HUDI SANTOSO, SSos MP

Solopos.com diciptakan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat tidak hanya seputar Soloraya namun juga informasi nasional dan global. Solopos terus berusaha berkembang untuk menyebarkan berita hingga sampai ke masyarakat dengan maksud yang sama, sehingga dapat mengubah perspektif dan sikap masyarakat setelah membaca berita. Usaha penyebaran berita ditunjukkan dengan adanya sejumlah akun media sosial selain website yang dinilai dapat menunjang dan membantu penyebaran berita semakin efektif. Media sosial yang digunakan, diantaranya Instagram dengan akun @solopos_com, Facebook Fanpage dan Twitter dengan akun Solopos.com.
Data yang digunakan untuk menulis laporan akhir ini sesuai dengan data yang dikumpulkan selama Praktik Kerja Lapangan di Harian Umum Solopos pada divisi redaksi bagian editor video Instagram. Pengumpulan data dimulai pada tanggal 13 Janurari hingga 7 Maret 2020 pada jam kerja yaitu mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, partisipasi aktif, wawancara, dan studi pustaka. Laporan ini menjelaskan mengenai penyebaran berita Solopos.com di media sosial. Tiga proses penyajian yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Laporan akhir ini juga menjelaskan teknik penyajian berita Solopos.com. Pada penyajian berita, strategi dibutuhkan agar penyebaran semakin efektif yaitu menyusun strategi komunikasi diantaranya : menentukan segmentasi khalayak, pemilihan media komunikasi, pengkajian tujuan pesan komunikasi, serta peranan komunikator dalam komunikasi. Laporan ini juga menjelaskan adanya kendala dapat muncul disetiap proses dari pra produksi hingga pasca produksi. Kendala yang sering terjadi dan cukup menyita waktu terjadi pada proses produksi dan pasca produksi, agar kendala tidak berlarut-larut dan menjadi kebiasaan dibutuhkan solusi.
Kesimpulan dari laporan akhir ini adalah penyebaran berita Solopos.com dimulai dengan proses pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Penyebaran berita yang dilakukan adalah mengunggah berita pada media sosial Instagram, Fanpage Facebook, dan Twitter. Solopos.com memberikan beberapa pilihan media sosial yaitu Instagram, Facebook, dan twitter, agar khalayak dapat tetap mengikuti perkembangan media sosial manapun yang dirasa nyaman untuk mereka ikuti. Kendala yang paling berpengaruh pada proses penyebaran berita di media sosial adalah pada proses pasca produksi yaitu uploader yang memiliki tugas ganda, sehingga pengunggahan video tidak tepat waktu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Berita, Komunikasi, Media Sosial, Penyebaran Berita, Solopos.com
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Communication
Depositing User: Komunikasi SV IPB
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:22
Last Modified: 02 Sep 2020 02:22
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item View Item