Pembuatan Alat Monitoring pH, Suhu, dan Nutrisi untuk Tanaman Hidroponik di Sekolah Vokasi IPB

Ghozi, Muhammad Syam'un Al (2022) Pembuatan Alat Monitoring pH, Suhu, dan Nutrisi untuk Tanaman Hidroponik di Sekolah Vokasi IPB. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (970kB)
[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf

Download (841kB)
[img] Text (Daftar Isi)
Daftarisi.pdf

Download (781kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf

Download (848kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Sekolah Vokasi IPB melakukan kegiatan bercocok tanam secara hidroponik sebagai salah satu projek kontinu dalam pengembangan bidang pertanian. Namun pada praktik hidroponik masih terdapat kegagalan pada proses pertumbuhan tanaman dikarenakan kurangnya pengamatan terhadap unsur tumbuh tanaman seperti kadar pH, suhu air, dan kadar nutrisi yang menyebabkan tanaman tersebut tidak tumbuh optimal.
Masalah tersebut dapat diatasi dengan sistem monitoring pada tanaman hidroponik. Sistem monitoring ini dapat mengantisipasi terjadinya perubahan pada unsur tumbuh tanaman serta alat untuk menyatukan beberapa data dari kandungan air nutrisi tersebut. Data yang diterima atau dibaca sistem tersebut diambil dari sensor pH (pH probe), sensor suhu air DS18B20, dan sensor nutrisi (TDS probe). Data unsur tumbuh tanaman yang diakuisisi oleh sensor pH, suhu, dan nutrisi terintegrasi dengan Arduino Uno. Kemudian hasil monitoring akan ditampilkan pada layar LCD 20x4 berupa kadar pH, suhu air, dan ppm nutrisi air pada tandon hidroponik.
Berdasarkan hasil pembuatan alat dan pengujian yang dilakukan pada sistem, alat dapat berfungsi hingga menampilkan data pada layar LCD dengan kesesuaian data dari hasil pengujian sekitar 40% dan dapat disimpulkan bahwa diperlukan adanya penelitian lebih lanjut pada alat monitoring hidroponik terkait sensor- sensor dan program yang dijalankan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Hidroponik, sensor pH, DS18B20, sensor nutrisi
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 12 Nov 2022 04:03
Last Modified: 12 Nov 2022 04:05
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/12237

Actions (login required)

View Item View Item