Pengujian Mutu Benih Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) di UPTD Provinsi Jawa Barat

Aribah, Syahna (2022) Pengujian Mutu Benih Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) di UPTD Provinsi Jawa Barat. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3G819083-01-Syahna-Cover.pdf

Download (992kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3G819083-02-Syahna-Ringkasan.pdf

Download (761kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3G819083-03-Syahna-Daftar Isi.pdf

Download (764kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3G819083-04-Syahna-Pendahuluan.pdf

Download (763kB)
[img] Text (Tugas Akhir)
Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Tomat merupakan salah satu komoditas hortikultura yang bernilai ekonomi tinggi (Yanti et al. 2013). Pentingnya tomat dalam kebutuhan masyarakat karena tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang diminati oleh permintaan pasar. Tomat banyak diminati karena memiliki rasa yang enak, segar, dan mengandung sedikit asam serta mengandung vitamin A, B, dan C (Sugito et al. 2010). Para petani selalu berusaha untuk meningkatkan produksi tomat. Tetapi saat ini masih teradapat banyak kendala yang dialami petani tomat, masalah hama dan penyakit hingga masalah penggunaan benih bermutu (Kurniasih 2018). Upaya yang sedang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas tomat tidak berbeda dengan tanaman pertanian lainnya yaitu dengan menggunakan benih bermutu (Kepmentan 2020). Karena itu, tujuan praktik kerja lapangan (PKL) ini adalah pengujian mutu benih tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) di UPTD BPSBTPH Provinsi Jawa Barat.
Metode pelaksanaan PKL yaitu kuliah umum, praktik kerja langsung, wawancara dan studi pustaka. Kegiatan praktik kerja langsung meliputi pengambilan contoh benih, penetapan kadar air, analisis kemurnian fisik benih, dan pengujian daya berkecambah. Benih tomat yang diuji varietas Diego, Rihanna F1, Tought Boy Fight, dan Tinatoon F1. Pengambilan contoh kerja benih tomat menggunakan alat mini soil divider. Metode penetapan kadar air metode langsung menggunakan oven suhu tinggi 130OC. Analisis kemurniaan fisik benih dengan memisahkan komponen benih murni (BM), benih tanaman lain (BTL), dan kotoran benih (KB). Pengujian daya berkecambah menggunakan metode uji diatas kertas (UDK) atau Top Of Paper (TOP).
Hasil pengujian benih tomat pada varietas Diego kadar airnya 7,9% , benih murni 99,8%, dan daya berkecambah benih 98%. Varietas Rihanna F1 kadar air 7,7% , benih murni 99,9%, dan daya berkecambah 99,9%. Varietas Tought Boy Fight kadar air 6,9%, benih murni 99,9%, dan daya berkecambah 90%. Karena itu, varietas Diego, Rihanna F1, dan Tought Boy Fight dinyatakan lulus. Varietas Tinatoon F1 kadar air 6,8%, kemurnian 99,9%, dan daya berkecambah 83% dinyatakan tidak lulus sehingga benih tersebut ditarik dari peredaran.

Kata kunci : Contoh benih, daya berkecambah, kadar air, kemurnian

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Contoh benih, daya berkecambah, kadar air, kemurnian
Subjects: Standard Operating Procedures
Strategic Plan
Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Seed Industry Technology
Depositing User: Teknologi Industri Benih SV IPB
Date Deposited: 08 Nov 2022 00:51
Last Modified: 08 Nov 2022 00:51
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/12216

Actions (login required)

View Item View Item