Pembuatan Modul Back End Aplikasi Kesekretariatan Berbasis Web di Pusat Studi Biofarmaka IPB

Avicenna, Muhammad (2022) Pembuatan Modul Back End Aplikasi Kesekretariatan Berbasis Web di Pusat Studi Biofarmaka IPB. Project Report. IPB University.

[img] Text (Ringkasan)
J3C218177-02-Muhammad-ringkasan.pdf

Download (762kB)
[img] Text (Cover)
J3C218177-01-Muhammad-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3C218177-03-Muhammad-daftarisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3C218177-04-Muhammad-pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3C218177-05-Muhammad-tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB atau biasa disebut dengan Biofarmaka merupakan organisasi milik Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB). Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB telah mengabdikan diri sebagai lembaga jejaring dan mengkoordinasikan penelitian tentang materi terkait biofarmaka. Pusat ini mengerjakan pengembangan biofarmaka, konservasi sumber daya alam, mengusulkan kebijakan dan regulasi bioprospektif. Selain itu, keahlian multidisiplinnya memiliki kemampuan dalam eksplorasi, konservasi, budidaya, ekstraksi, analisis struktur kimia, standardisasi, dan studi khasiat sumber daya alam.
Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB sedang mengembangkan sistem informasi kesekretariatan. Dalam upaya mengembangkan sistemnya agar lebih mudah digunakan dan diakses, Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB memutuskan untuk mendigitalisasi sistem yang konvensional yaitu membuat sistem informasi kesekretariatan berbasis web atau kesekretariatan Biofarmaka. Kesekretariatan Biofarmaka merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan untuk memudahkan petugas dalam pengelolaan persuratan dan administrasi.
Fungsi utama kesekretariatan adalah administrasi persuratan baik surat masuk dan surat keluar, juga akan terlihat kegiatan apa saja di Biofarmaka IPB yang akan dan sudah dikerjakan. Selama ini terdapat hal-hal yang sering kurang terekam dengan baik, tidak terekam akibat kurang lengkapnya administrasi yang tercatat atau ada surat atau kegiatan yang tidak melalui sekretariat atau email Biofarmaka, sehingga administrasinya tidak tercatat. Melalui sistem kesekretariatan Biofarmaka maka administrasi persuratan akan jauh lebih mudah dalam pengelolaan.
Pengembangan sistem informasi kesekretariatan ini dilakukan dengan metode prototyping. Penulis berperan mengerjakan bagian back end dari sistem. Fitur-fitur yang disediakan dalam sistem ini adalah daftar surat masuk, surat keluar, hasil kegiatan, hadir rapat, notulen rapat, seminar, workshop, dan lokakarya. Sistem informasi yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat diakses melalui sebuah browser.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: back end, biofarmaka, kesekretariatan, persuratan, prototyping
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Management of Informatics
Depositing User: Manajemen Informatika SV IPB
Date Deposited: 05 Nov 2022 01:31
Last Modified: 05 Nov 2022 01:32
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/12201

Actions (login required)

View Item View Item