Pengendalian Gulma Pada Tanaman Menghasilkan Kelapa Sawit (elaeis guineensis jacq.) Di PT ANJ Agri Siais, Sumatera Utara

Hamdani, Rizky (2022) Pengendalian Gulma Pada Tanaman Menghasilkan Kelapa Sawit (elaeis guineensis jacq.) Di PT ANJ Agri Siais, Sumatera Utara. Project Report. IPB University.

[img] Text (cover)
J3T118003-01-RIZKY-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ringkasan)
J3T118003-02-RIZKY-RINGKASAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (daftar isi)
J3T118003-03-RIZKY-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (pendahuluan)
J3T118003-04-RIZKY-PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3T118003-05-Rizky-Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

RIZKY HAMDANI. Pengendalian Gulma Kelapa sawit di PT ANJ Agri Siais, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. [Weeds Control at Oil Palm Plantation in PT ANJ Agri Siais, Tapanuli selatan, Sumatera Utara]. Dibimbing oleh Ibu Ade Astri Muliasari, SP, M.Si.
Kelapa sawit menjadi salah satu tanaman industri yang berperan dalam pembangunan nasional karena kelapa sawit adalah komoditas ekspor terbesar di Indonesia sehingga menjadi sumber devisa negara. Tingginya pertumbuhan industri kelapa sawit merupakan hal yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan produktivitas tanaman dapat dilakukan melalui kegiatan pemeliharaan yang tepat. Salah satu unsur pemeliharaan kebun kelapa sawit terutama pada periode tanaman menghasilkan (TM) adalah pengendalian gulma.
Pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kerja, memperoleh pengetahuan dan pengalaman pada bidang pengelolaan perkebunan kelapa sawit baik secara teknis maupun secara manajerial. Namun secara khusus kegiatan PKL ini bertujuan agar penulis mampu menerapkan teknik budidaya kelapa sawit dengan baik terutama dalam aspek pengendalian gulma pada perkebunan kelapa sawit, seperti mengidentifikasi jenis gulma, menerapkan teknik pengendalian gulma serta manajemen pengendalian gulma secara langsung sesuai dengan standar operasional perusahaan.
Kegiatan PKL dilaksanakan di PT ANJ Agri Siais yang terletak di Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatra Utara dan dilaksanakan mulai dari tanggal 25 Januari 2021 hingga 17 April 2021. Metode yang dilakukan selama pelaksanaan kegiatan praktik kerja lapangan yaitu dengan mengikuti dan mengamati kegiatan kebun yang ada secara langsung baik kegiatan teknis maupun kegiatan manajerial. Pelaksanaan kegiatan praktik kerja lapangan juga dilakukan secara bertahap dari mulai menjadi Karyawan Harian Lepas (KHL), lalu menjadi pendamping mandor dan yang terakhir menjadi pendamping asisten divisi.
Teknik pengendalian gulma di PT ANJ Agri Siais dilakukan secara manual dan chemist (kimiawi). Kegiatan pengendalian gulma secara manual di PT ANJ Agri Siais meliputi rawat gawangan dan dongkel anak kayu juga kentosan. Dan untuk kegiatan pengendalian gulma secara kimiawi (chemist) dilakukan dengan cara penyemprotan herbisida.
Kegiatan analisis vegetasi gulma dilakukan untuk menentukan komposisi vegetasi gulma dari yang paling dominan hingga yang tidak dominan di areal PT ANJ Agri Siais. Di PT ANJ Agri Siais dalam pengendalian gulma secara kimiawi menggunakan satu jenis herbisida yaitu herbisida sistemik. Untuk jenis alat semprot yang digunakan di PT ANJ Agri Siais yaitu electric sprayer. Untuk mencapai keberhasilan dalam kegiatan pengendalian gulma, ada beberapa faktor yang memengaruhi keberhasilan tersebut diantaranya kondisi cuaca, tenaga kerja, kebutuhan alat dan bahan, kondisi di lapangan dan pengawasan kegiatan.

Kata kunci : Analisis Vegetasi, Herbisida, Konsentrasi Volume Semprot, Sistemik dan Kontak

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Analisis Vegetasi, Herbisida, Konsentrasi Volume Semprot, Sistemik dan Kontak
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Technology and Management of Plantation Production
Depositing User: Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan SV IPB
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:23
Last Modified: 11 Nov 2022 01:23
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/12194

Actions (login required)

View Item View Item