Implementasi Load Balancing Untuk Akses Internet Menggunakan Mikrotik RB-750 R2 di DISKOMINFOSTANDI Kota Bekasi

Lestari, Juniawati Wahyu (2022) Implementasi Load Balancing Untuk Akses Internet Menggunakan Mikrotik RB-750 R2 di DISKOMINFOSTANDI Kota Bekasi. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3D118069-01-Juniawati-cover.pdf

Download (743kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3D118069-02-Juniawati-ringkasan.pdf

Download (681kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3D118069-04-Juniawati-Daftarisi.pdf

Download (747kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3D118069-05-Juniawati-Pendahuluan.pdf

Download (574kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

JUNIAWATI WAHYU LESTARI. Implementasi Load balancing Dua ISP menggunakan Mikrotik di Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Bekasi (Implementation Load balancing Two ISP using Mikrotik RB750R2 at DISKOMINFOSTANDI Bekasi City). Dibimbing oleh SONY HARTONO WIJAYA.

Internet merupakan satu hal yang mutlak dibutuhkan manusia saat ini, sehingga administrator jaringan akan menerapkan berbagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan pengguna. Administrator akan menambah line ISP agar penggunanya bisa menggunakan internet dengan lancar. Dengan meningkatnya kebutuhan tersebut memunculkan kebutuhan internet yang lebih cepat dan stabil, tetapi meskipun telah memkai koneksi menggunakan shared bandwidth tetap saja faktor kongesti tetap saja terjadi disebabkan oleh tingginya traffic dan request yang ditangani oleh system jaringan komputer. Sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menerapkan teknik Load balancing. Sehingga timbul solusi untuk menjadikan mikrotik sebagai load balancer. Sistem mekanismenya yaitu mikrotik akan menandai paket yang akan mengakses internet, lalu akan memilih jalur input bandwidth mana yang akan dilewati dan akan menyetarakan beban pada bandwidth tersebut.
Pada kajian tugas akhir ini dirancang suatu penyeimbang beban koneksi dalam menggunakan dua line ISP. Metode yang digunakan yakni metode Nth (koneksi ke –n) yang diimplementasikan menggunakan perangkat Routerboard Mikrotik. Dengan metode ini, seluruh request internet dari pengguna akan masuk ke router yang sudah dikonfigurasi dengan metode Nth terlebih dahulu, sehingga pada router akan terjadi pengaturan jalur keluarnya request dari pengguna melalui line ISP satu atau line ISP dua untuk bisa menuju koneksi internet. Dengan metode round-robin dalam pembagian bebannya, paket yang ada akan dikelompokkan menjadi beberapa grup secara berurutan paket satu masuk grup satu, paket dua masuk grup dua, dst. Nantinya setiap grup akan dikeluarkan melalui exit interface yang tersedia secara berurutan, grup satu akan keluar melalui interface satu, grup dua akan keluar melalui interface dua,dst.
Hasil pengujian menunjukan terjadinya pemerataan akses keluar menuju line ISP satu ( LAN DISKOMINFOSTANDI Telkom) maupun line ISP dua (XL Home) secara seimbang, sehingga tidak terjadi overload disalah satu line ISP tersebut.
Kata kunci: DISKOMINFOSTANDI, Failover, Mikrotik , Nth.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: DISKOMINFOSTANDI, Failover, Mikrotik , Nth.
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 28 Oct 2022 00:25
Last Modified: 28 Oct 2022 00:25
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/12153

Actions (login required)

View Item View Item