Pembuatan Alat Ukur Suhu, Kelembapan, dan pH Tanah Portable Berbasis Mikrokontroller ESP32 Pada Tanaman Vanilli Di BALITTRO

Zakhirah, Zhalfa Putri (2022) Pembuatan Alat Ukur Suhu, Kelembapan, dan pH Tanah Portable Berbasis Mikrokontroller ESP32 Pada Tanaman Vanilli Di BALITTRO. Project Report. IPB Universiity.

[img] Text (Cover)
J3D219184-01-Zhalfa-cover.pdf

Download (987kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3D219184-02-Zhalfa-ringkasan.pdf

Download (763kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3D219184-04-Zhalfa-Daftarisi.pdf

Download (822kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3D219184-05-Zhalfa-Pendahuluan.pdf

Download (835kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

ZHALFA PUTRI ZAKHIRAH. Pembuatan Alat Ukur Suhu, Kelembapan, dan pH Tanah Portable Berbasis Mikrokontroller ESP32 Pada Tanaman Vanili Di BALITTRO. Dibimbing oleh GEMA PARASTI MINDARA.

Balai penelitian tanaman dan obat merupakan Lembaga penelitian dibawah koordinasi pusat penelitian dan pengembangan perkebunan. Keberadaan balai ini berdiri atas kebutuhan akan Lembaga riset yang mendukung pengembangan agribisnis dan agroindustri berbasis tanaman rempah, obat, dan atsiri. Balai penelitian ini memeiliki beberapa untit peneliti, salah satunya avalah UPBS. UPBS atau Unit Pengelola Benih Sumber bertujuan memproduksi benih sumber yang berkualitas tinggi dan sehat. Varietas unggul yang terdapat pada UPBS salah satunya tanaman vanili. Kondisi lingkungan yakni iklim, kelembapan pada udara dan tanah, dan pH pada tanah jelas berperan penting dalam menghasilkan bibit tanaman vanili yang unggul. Sehingga untuk mendapatkan hasil bibit yang unggul, diperlukannya alat ukur. Namun agar terciptanya keefisienan diperlukan alat ukur suhu, kelembapan, dan pH tanah yang dapat dikontrol secara berkala tanpa perlu turun kelapangan. Sehingga hal tersebut dijadikan dasar dan tujuan untuk membuat suatu alat pengukur suhu, kelembapan, dan pH tanah portable dengan menggunakan ESP32 sebagai mikrokontroller, DHT 22 sebagai sensor pembaca suhu dan kelembapan udara, capacitive soil moisture yang digunakan sebagai sensor pembaca kelembapan tanah, sensor pH tanah yang digunakan sebagai pembaca pH relatif asam dan basa pada tanah. Dalam pembuatan alat ukur suhu, kelembapan, dan pH tanah portable berbasis mikrokontroller ESP32 pada tanaman vanili di BALITTRO. Metode yang digunakan merupakan metode waterfall yang mana terdapat lima tahapan yakni analisis, perancangan, implementasi, pengujian, dan operasi&pemeliharaan. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, dengan menggunakan dua alat yakni alat yang dibuat dengan alat pembanding. Didapatkanlah hasil persen error sebanyak 0,7% dengan tingkat keakuratan 99,3% pada pengujian suhu, persen error pada pengukuran kelembapan udara sebanyak 4,1% dengan tingkat keakuratan 95,9%, persen error pada pengujian kelembapan tanah sebesar 0,56% dengan tingkat keakuratan 99,44%, dan pengujian terakhir yaitu pengujian pH pada tanah dengan tingkat error sebanyak 4,7% dan tingkat keakuratannya sebesar 95,3%. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat dikatakan alat memiliki tingkat akurasi yang baik dikarenakan masing-masing komponen tersebut memilki hasil akurasi diatas 95%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: alat ukur portable, ESP32, kelembapan tanah, kelembapan udara, pH tanah
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 18 Oct 2022 00:54
Last Modified: 18 Oct 2022 00:54
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/12069

Actions (login required)

View Item View Item