Pembangunan Sistem Informasi Inventaris Barang (Sisinbar) Al-Sabat Store di PT Ventura Semesta Wisata

Komala, Shasa Maya (2022) Pembangunan Sistem Informasi Inventaris Barang (Sisinbar) Al-Sabat Store di PT Ventura Semesta Wisata. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3C119116-01-Shasa-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3C119116-02-Shasa-Ringkasan.pdf

Download (763kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3C119116-03-Shasa-Daftar Isi.pdf

Download (820kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3C119116-04-Shasa-Pendahuluan.pdf

Download (769kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3C119116-Shasa-Tugas Akhir (Full).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

PT Ventura Semesta Wisata memiliki anak perusahaan yaitu PT Alsabat Indogypt Corp yang dikenal dengan merek dagang Al Sabat Store bergerak di bidang penjualan barang impor dari Timur Tengah. Setelah mendapatkan barang dari pemasok, pihak Al-Sabat Store diberikan sebuah laporan pembelian barang. Laporan pembelian barang yang diberikan oleh pemasok merupakan laporan data barang keluar dari pihak pemasok, yang mana harus dilakukan penginputan lagi oleh Al-Sabat Store untuk catatan mengenai laporan barang masuk. Selama ini, proses pencatatan data barang dan transaksi masih menggunakan Microsoft Excel. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan di Al-Sabat Store adalah dengan melakukan pembangunan Sistem Informasi Inventaris Barang (Sisinbar) Al-Sabat Store di PT Ventura Semesta Wisata. Sistem ini merupakan sistem informasi berbasis web, terdiri atas beberapa fitur yang dapat digunakan oleh pengguna. Sistem ini berfungsi untuk menyimpan, menambah, dan menghapus data barang dari produk Al-Sabat Store. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pencatatan stok barang masuk ataupun keluar serta dapat menghasilkan laporan dalam bentuk PDF. Metode yang digunakan pada proses pembangunan sistem ini adalah dengan menggunakan metode Waterfall dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta framework pemrograman CodeIgniter. Metode Waterfall terdiri dari beberapa tahapan inti yaitu, analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Proses awal pembangunan sistem ini dilakukan dengan analisis
kebutuhan dengan berdiskusi dengan pihak Al-Sabat, hasil analisis kemudian dibuatkan dalam bentuk desain diagram (proses bisnis, class diagram, dan activity diagram), kemudian dilakukan penerjemahan ke bahasa komputer dengan menulis kode program di tahap implementasi, setelah implementasi kode program selesai dilakukannya tahap pengujian untuk mencari tahu kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam sistem informasi inventaris barang. Namun, pembangunan sistem informasi inventaris barang ini tidak mencakup ke tahap pemeliharaan sistem (maintenance) dikarenakan tahap pemeliharaan akan dilakukan oleh pihak Al-Sabat Store. Sisinbar telah selesai dibuat dan telah dilakukan pengujian sistem dengan menggunakan metode pengujian black box. Berdasarkan hasil pembangunan sistem
sampai ke tahap pengujian, Sisinbar dapat melakukan pencatatan data barang dan data transaksi barang masuk ataupun barang keluar. Terdapat menu pemasok (supplier) yang dapat digunakan untuk menginput data pemasok peserta alamat
lengkap dan nomor teleponnya. Pengguna juga dapat melihat dan mengedit profil pada sistem ini. Data pencatatan di sistem ini untuk data transaksi dapat diunduh menjadi PDF dan Excel.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: codeigniter, inventaris barang, metode waterfall, pencatatan data barang, sistem informasi
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Management of Informatics
Depositing User: Manajemen Informatika SV IPB
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:00
Last Modified: 03 Oct 2022 02:00
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11979

Actions (login required)

View Item View Item