Pembuatan Aplikasi Monitoring Penghasilan Telur Pada Smart Kandang Peternakan Ayam Petelur di Sekolah Vokasi IPB

Al Faiz, Muhammad Rifqi (2022) Pembuatan Aplikasi Monitoring Penghasilan Telur Pada Smart Kandang Peternakan Ayam Petelur di Sekolah Vokasi IPB. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3C119086-01-Rifqi-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3C119086-02-Rifqi-ringkasan.pdf

Download (761kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3C119086-03-Rifqi-daftarisi.pdf

Download (801kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3C119086-04-Rifqi-pendahuluan.pdf

Download (766kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3C119086-05-Rifqi-tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id/

Abstract

MUHAMMAD RIFQI AL FAIZ. Pembuatan Aplikasi Monitoring Penghasilan Telur Pada Smart Kandang Peternakan Ayam Petelur di Sekolah Vokasi IPB (Making of the Application for Egg Income Monitoring in Smart Cages of Laying Chicken Farm at the College of Vocational Studies of IPB University). Dibimbing oleh FALDIENA MARCELITA.

Sekolah Vokasi IPB memiliki peternakan telur yang menghasilkan telur setiap harinya. Dari telur yang dihasilkan, perlu mengolah informasi atau data berat telur yang dihasilkan setiap harinya untuk memperoleh laporan penghasilan peternakan telur. Hingga saat ini, proses membuat laporan penghasilan bulanan mulai dari menimbang berat telur setiap harinya, dan mencatat berat telur yang dihasilkan setiap harinya, semua masih dicatat manual pada buku laporan. Proses pencatatan manual pada buku ini masih memungkinkan terjadinya human error sehingga diperlukan suatu aplikasi yang dapat mengelola berat telur yang dihasilkan dan mengelola laporan penghasilan bulanan perternakan telur.
Berdasarkan masalah diatas, saat ini sudah dibuat prototipe alat penimbang berat telur otomatis yang nantinya akan diimplematasikan di bawah kandang ayam petelur dan akan dihubungkan ke aplikasi berbasis website monitoring, yang akan di beri nama smart kandang. Gambaran cara kerja smart kandang adalah sebagai berikut, telur yang dihasilkan berasal dari smart kandang yang ada dipeternakan telur, dimana kandang tersebut terdiri dari lima sekat dimana setiap sekat diisi ayam petelur yang hanya dapat diam di dalam kandang tersebut, serta dibawahnya diletakkan alat penimbang berat telur otomatis, yang akan terhubung ke aplikasi.
Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi berbasis website yang dapat mengelola laporan berat telur yang nantinya akan terhubung ke smart kandang yang setiap harinya memasukkan berat telur yang diperoleh, dan mengelola laporan bulanan penghasilan peternakan telur. Aplikasi berbasis website dipilih karena direncanakan akan terhubung ke alat penimbang berat telur otomatis pada kandang yang hanya bisa terhubung ke komputer. Dalam proses pembuatan aplikasi ini metode yang digunakan adalah metode Extreme programming (XP). Website smart kandang sudah dibuat dan sudah berhasil mengelola telur yang dihasilkan setiap harinya, serta mengelola penghasilan peternakan telur.

Kata kunci: Peternakan telur, Smart kandang, berbasis website, Metode Extreme programming.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Peternakan telur, Smart kandang, berbasis website, Metode Extreme programming.
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Management of Informatics
Depositing User: Manajemen Informatika SV IPB
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:44
Last Modified: 27 Sep 2022 08:44
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11932

Actions (login required)

View Item View Item