Pengembangan Program Pelayanan dan Fasilitas Wisata di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Salsabiila, Nuur Alyssa (2022) Pengembangan Program Pelayanan dan Fasilitas Wisata di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3B919167_01_Alyssa_Cover.pdf

Download (999kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3B919167_02_Alyssa_Ringkasan.pdf

Download (742kB)
[img] Text (Abstrak)
J3B919167_03_Alyssa_Abstrak.pdf

Download (742kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3B919167_04_Alyssa_Daftar Isi.pdf

Download (924kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3B919167_05_Alyssa_Pendahuluan.pdf

Download (921kB)
[img] Text (Tugasakhir)
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id/

Abstract

Kualitas pelayanan memegang peranan penting dalam hal peningkatan produktivitas perusahaan, khususnya di bidang jasa, baik jasa penjualan maupun jasa pelayanan, dengan kualitas pelayanan yang baik, produk wisata akan dikenal dan tertanam di benak pengunjung dan kualitas pelayanan juga merupakan salah satu faktor yang terhubung dengan kepuasan pengunjung. Tujuan kegiatan ini adalah: (1) mengetahui tingkat kepuasan pengunjung terhadap pelayanan di TWAGP (2) mengetahui tingkat kepuasan pengunjung terhadap fasilitas yang ada di TWAGP (3) menyusun program pelayanan dan fasilitas wisata berdasarkan kepuasan pengunjung. Kegiatan dilaksanakan pada bulan April-Juni 2022 dengan metode observasi dan kuesioner (200 orang), dengan menggunakan teknik accidentally/convenience sampling. Hasil dari data kepuasan pengunjung didapatkan data motivasi yang mendominasi yaitu hiking, berswafoto, kuliner khas Garut, dan menghindari kepenatan kota. Persepsi terhadap pelayanan wisata yang disukai responden di TWAGP yaitu pelayanan pengunjung (hospitality) dan pada pelayanan fasilitas yang paling disukai yaitu cottage, kolam terapi air panas, dan kantor pengelola. Pengingkatan pelayanan dan fasilitas yang dirancang yaitu dengan mendesain ulang fasilitas, serta peningkatan pelayanan dengan melakukan training SOP, dan pelatihan pelayanan informasi, peningkatan pelayanan tersebut disusun berdasarkan penilian terendah dari kepuasan pengunjung yang disebarkan melalui kuesioner.
Kata Kunci : fasilitas, kepuasan, pelayanan,persepsi, Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: fasilitas, kepuasan, pelayanan,persepsi, Taman Wisata Alam Gunung Papandayan
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Ecotourism
Depositing User: Ekowisata SV IPB
Date Deposited: 26 Sep 2022 06:22
Last Modified: 26 Sep 2022 06:22
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11926

Actions (login required)

View Item View Item