Pembuatan Website Rekomendasi Beasiswa di Komisi Bimbingan dan Konseling Sekolah Vokasi IPB

Fitriana, Fitriana (2022) Pembuatan Website Rekomendasi Beasiswa di Komisi Bimbingan dan Konseling Sekolah Vokasi IPB. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3C119051-01-Fitriana-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3C119051-02-Fitriana-ringkasan.pdf

Download (766kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3C119051-03-Fitriana-daftarisi.pdf

Download (843kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3C119051-04-Fitriana-pendahuluan.pdf

Download (770kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3C119051-05-Fitriana-tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id/

Abstract

FITRIANA. Pembuatan Website Rekomendasi Beasiswa di Komisi Bimbingan dan Konseling Sekolah Vokasi IPB (Making of the Scholarship Recommendation Website of the Guidance and Counselling Commission at the College of Vocational School of IPB University). Dibimbing oleh AMATA FAMI, MDs.

Website merupakan media penyebaran informasi yang sangat cepat. Selain itu, web dapat menjadi tempat penampungan data. Salah satu contoh penggunaan website sebagai media penyebaran informasi mengenai program beasiswa. Beasiswa dibutuhkan mahasiswa untuk membantu biaya hidup selama perkuliahan bagi mahasiswa kurang mampu maupun mahasiswa berprestasi. Diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.
Pembuatan Website Rekomendasi Beasiswa dikerjakan dari hasil Praktik Kerja Lapang di Komisi Bimbingan dan Konseling Sekolah Vokasi IPB selama 3 bulan, dari 3 Januari 2022 hingga 18 Maret 2022. Website dibuat menggunakan metode Prototype. Metode Prototype mempunyai 5 tahapan, yaitu communication, quick plan, modelling quick design, prototype construction, dan deployment, delivery and feedback.
Komisi Bimbingan dan Konseling Sekolah Vokasi IPB bertanggung jawab kepada Rektor melalui Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Vokasi IPB. Sehubungan dengan program kerja Komisi Bimbingan dan Konseling Sekolah Vokasi IPB dalam mendukung kesejahteraan
mahasiswa, dibuatlah website rekomendasi beasiswa dengan tujuan meberikan informasi dan pelayanan dalam memberikan surat rekomendasi beasiswa.
Pada tahap communication pengembang mengumpulkan informasi
mengenai program dengan melakukan wawancara kepada instansi. Selanjutnya tahap quick plan, yaitu menentukan analisis dari tahap communication. Analisis yang dihasilkan yaitu analisis kebutuhan hardware, analisis kebutuhan software, dan analisis kebutuhan pengguna. Setelah itu, pengembang melakukan modelling quick design dengan membuat use case diagram bagi mahasiswa, konselor, dan Badan Pengawas Harian, activity diagram, dan first-cut design class diagram. Selanjutnya, pengembang membuat koding dan melakukan uji coba terhadap kodingannya. Hasil uji coba yang dilakukan pengembang adalah sukses. Tahap selanjutnya deployment, delivery, and feedback. Pengembang menyerahkan
program kepada instansi, instansi dapat memberikan umpan balik. Setelah umpan balik berhasil dilakukan, pengembang menyerahkan program kepada instansi untuk diluncurkan.
Kesimpulan dari pembuatan Website Rekomendasi Beasiswa adalah mahasiswa dapat mengisi form rekomendasi beasiswa pada website, Komisi Bimbingan Konseling Sekolah Vokasi IPB dapat menerima form surat rekomendasi beasiswa dari mahasiswa dan mengolahnya pada website, informasi tentang
beasiswa dan tim konselor dapat diberikan melalui website, dan data mahasiswa yang mengajukan surat rekomendasi dapat disimpan pada website. Saran bagi pengembang website adalah dengan menggunakan sistem keamanan terbaru dan teknologi mutakhir dalam mengembangkan website.
Kata kunci: website, prototype, developer, beasiswa

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: website, prototype, developer, beasiswa
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Management of Informatics
Depositing User: Manajemen Informatika SV IPB
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:52
Last Modified: 19 Sep 2022 03:52
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11888

Actions (login required)

View Item View Item