Rancang Bangun Alat Monitoring Kadar Amonia pada Toilet Berbasis IoT di BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor

Azhari, Sulis Sania (2022) Rancang Bangun Alat Monitoring Kadar Amonia pada Toilet Berbasis IoT di BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3D119126-01-Sulis-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3D119126-02-Sulis-ringkasan.pdf

Download (761kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3D119126-04-Sulis-Daftarisi.pdf

Download (815kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3D119126-05-Sulis-Pendahuluan.pdf

Download (766kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id/

Abstract

Kebersihan merupakan hal utama yang harus diperhatikan di tempat umum, apalagi tempat yang sering digunakan oleh banyak orang. Toilet adalah tempat sanitasi pembuangan air kecil ataupun besar. Zat yang terkandung dalam air kotoran manusia salah satunya adalah Amonia. Amonia adalah senyawa kimia yang memiliki bau menyengat apabila telah melebihi ambang batas normal. Hal inilah yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi siapa saja yang ingin menggunakan toilet. Petugas kebersihan tidak setiap saat dapat membersihkan toilet. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, salah satunya teknologi Internet of Things, alat monitoring kadar amonia dapat membantu petugas kebersihan dalam memonitor kebersihan di toilet. Alat ini menggunakan mikrokontroler yang terintegrasi dengan internet, kemudian sensor MQ-135 membaca kadar amonia lalu memberikan notifikasi pada petugas kebersihan.

Metode yang dilakukan pada pada penelitian ini yaitu analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian. Analisis dilakukan dengan menganalisis keadaan kantor BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor dan hasil diskusi dengan pihak instansi. Permasalahan yang didapat adalah membuat alat penunjang yang dapat digunakan oleh instansi, yaitu alat monitoring kadar amonia di toilet. Setelah itu melakukan analisis kebutuhan yang diperlukan untuk membuat alat monitoring kadar amonia. Dilanjut tahap perancangan, yaitu perancangan block diagram, flowchart, skema rangkaian, dan design casing. Perwujudan dari tahap perancangan yang telah dibuat diimplementasikan dalam merangkai alat, membuat kode program, dan membuat casing. Dan terakhir dilakukan pengujian terhadap alat dan aplikasi yang digunakan, untuk memeriksa jika alat sudah sesuai dengan fungsi dan kebutuhan yang diharapkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Amonia, MQ-135, Toilet
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 06 Sep 2022 01:26
Last Modified: 06 Sep 2022 01:26
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11814

Actions (login required)

View Item View Item