Monitoring Tingkat Kekeruhan Air, PH, Dan Suhu Berbasis IoT Pada Kolam Ikan Koi Di BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor

Sitepu, Erly Conisonna Br (2022) Monitoring Tingkat Kekeruhan Air, PH, Dan Suhu Berbasis IoT Pada Kolam Ikan Koi Di BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3D119041-01-Erly-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3D119041-02-Erly-ringkasan.pdf

Download (762kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3D119041-04-Erly-Daftarisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3D119041-05-Erly-Pendahuluan.pdf

Download (889kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3D119041-Erly Conisonna Br Sitepu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Pada zaman modern seperti sekarang ini, teknologi begitu pesat dikalangan
masyarakat. Berbagai kalangan lebih memilih mentransformasikan sistem manual menjadi sebuah sistem otomasi. Sebagai salah satu contoh nyata dikehidupan sehari-hari adalah teknik controlling air. Air merupakan komponen paling utama dalam kehidupan ikan, sehingga kualitas air menjadi sangat berpengaruh dalam kehidupan ikan. Salah satu faktor penting yang berpengaruh di dalam aspek kualitas air kolam ada beberapa parameter fisik antara lain suhu, derajat keasaman (pH), dan kekeruhan air.
Sebagai tempat hidup ikan, perubahan parameter fisik tersebut dapat berpengaruh secara langsung terhadap pertumbuhan dan daya tahan ikan budidaya. Pada kantor BAPPEDALITBANG terdapat kolam ikan hias yang belum memiliki alat untuk monitoring air kolam. Pemeliharaan kualitas air pada kolam hias tersebut tidak teratur, sehingga terlihat kotor dan cepat merusak kesehatan ikan koi. Hal itu terjadi karena petugas kebersihan tidak setiap saat dapat memonitor kondisi kualitas air.
Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, perlu dirancang suatu alat monitoring kondisi air secara heuristik sekaligus memberikan notifikasi apabila terdapat suatu kondisi air yang tidak normal. Alat ini dapat mengukur beberapa parameter yaitu pH, suhu, dan kekeruhan air. Jika ada parameter yang tidak normal, maka muncul notifikasi.
Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk menjelaskan dan mencari tau hasil nilai dari setiap parameter yang diukur dan menampilkannya berupa bentuk data dan notifikasi yang bisa dibaca. Laporan tugas akhir ini juga menampilkan hasil dan cara kerja dari alat yang dibuat. Tahapan dari rancangan ini dimulai dari Analisis, Perancangan, Implementasi, dan diakhiri dengan Pengujian. Dengan adanya alat monitoring ini akan menjadi solusi untuk mempermudah monitoring kualitas air kolam pada kantor BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: esp32, kekeruhan, monitoring, pH, suhu
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 06 Sep 2022 01:14
Last Modified: 06 Sep 2022 01:14
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item