EFISIENSI APLIKASI BASALT DRESSING PADA TANAMAN TEBU (Saccharum officinarum L) REPLANTING CANE DI DIVISI II PT GULA PUTIH MATARAM LAMPUNG

Afrendo, Muhammad (2022) EFISIENSI APLIKASI BASALT DRESSING PADA TANAMAN TEBU (Saccharum officinarum L) REPLANTING CANE DI DIVISI II PT GULA PUTIH MATARAM LAMPUNG. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3T419512-01-Afrendo-Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3T419512-02-Afrendo-Ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3T419512-03-Afrendo-Daftarisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3T419512-04-Afrendo-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3T419501-Adi-tugasakhir..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Pemupukan dasar pada tanaman tebu RPC (Replanting Cane) merupakan upaya yang dilakukan untuk memberi tambahan unsur hara tanaman tebu yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan bibit tebu dengan jumlah dosis yang seimbang dan cukup. Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di laksanakan pada 31 Febuari 2022 sampai 23 April 2022 di Divisi II PT Gula Putih Mataram, Lampung Tengah, Lampung.
Tujuan umum dari pelaksanaan praktik kerja lapangan ini adalah untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat selama proses perkuliahan untuk diterapkan secara langsung dilapangan, serta menambah wawasan, keterampilan, dan pengalaman mahasiswa tentang teknis maupun manajemen pelakasanaan pekerjaan budidaya tebu lahan kering di lapangan. Sedangkan tujuan khusus dari kegiatan praktik kerja lapangan ini agar mahasiswa mengetahui dan memahami teknis maupun manajerial tentang pelaksanaan kegiatan pemupukan dasar (basalt dressing) pada tanaman RPC (Replanting Cane) di PT Gula Putih Mataram, Sugar Group Companies, Lampung serta mengetahui efisiensi pemupukan dasar (basalt dressing).
Kegiatan pemupukan dasar yang dilakukan di Divisi II PT GPM merupakan kegiatan yang dilakukan pada saat pengoahan tanah dan sebelum dilakukan penanaman. Pemupukan ini dilakukan secara mekanis oleh traktor yang memperhatikan ketepatan jenis, dosis, waktu, dan cara pemupukan. Jenis pupuk yang diaplikasikan adalah pupuk TSP dan Urea dengan dosis TSP 100 kg/ha dan Urea 46 kg/ha. Pupuk TSP dan Urea yang diaplikasikan sebelumnya diaduk terlebih dahulu menggunakan alat mixing. Pupuk yang sudah tercampur dapat dibawa ke areal yang akan dipupuk menggunakan trailer yang ditarik traktor. Kegiatan aplikasi pupuk di areal dilakukan oleh operator traktor, operator trailer pengangkut pupuk, dan penuang pupuk yang diawasi oleh mandor.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: efisiensi, kultivasi, tebu
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Technology and Management of Plantation Production
Depositing User: Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan SV IPB
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:00
Last Modified: 01 Sep 2022 01:56
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item