PERENCANAAN EKOWISATA CAPUNG DI SPTN WILAYAH 1 CIBODAS TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO

Yulianto, Rahmat Dwi (2022) PERENCANAAN EKOWISATA CAPUNG DI SPTN WILAYAH 1 CIBODAS TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3B819095_02_Rahmat Dwi Yulianto_ Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3B819095_04_Rahmat Dwi Yulianto_ Ringkasan.pdf

Download (485kB)
[img] Text (Abstrak)
J3B819095-03-Rahmat Dwi Yulianto-Abstrak.pdf

Download (521kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3B819095_03_Rahmat Dwi Yulianto_ Daftar isi.pdf

Download (482kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3B819095_05_Rahmat Dwi Yulianto_ Pendahuluan.pdf

Download (477kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

ABSTRAK
Capung merupakan serangga predator yang memiliki peran penting dalam suatu ekositem terutama pada daerah perairan. Keberadaan capung dapat dijadikan sebagai indikator alami bagi perubahan suatu ekosistem lingkungan. Keanekaragaman capung memiliki keunikan dan keindahan pada bagian tubuh atau aktivitasnya sehingga dikatakan sebagai nilai estetika. Wisata capung merupakan suatu perjalanan untuk menikmati capung yang hidup pada suatu daerah. Wisata ini menunjukan jenis capung yang dapat dilihat atau dijumpai. Kegiatan wisata capung tidak hanya untuk menikmati capung dengan indra pengelihatan saja, namun dapat menjadi suatu
bahan pembelajaran untuk menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan kesadaran terhadap kepedulian lingkungan. Jenis capung yang di jumpai di SPTN Wilayah 1 Cibodas Taman Nasional Gunung Gede Pangrrango yaitu berjumlah 17 jenis dengan 5 jenis sub-ordo Anisopetera dan 9 jenis sub-ordo zyghoptera. Nilai keanekaragaman jenis capung didapat dari analisis data metode Shannon-Wiener mendapatkan nilai 1,08. Nilai tersebut menggambarkan bahwa keanekaragaman capung di SPTN Wilayah 1 Cibodas relatif beragam. Nilai kemerataan jenis capung di SPTN Wilayah 1 Cibodas mendapat nilai 0,70 yang berarti penyebaran capung di SPTN Wilayah 1 Cibodas sedang. Rancangan Program Ekowisata capung yang akan dibuat memiliki dasar yaitu sebagai salah satu terobosan baru di, dikarenakan pengenjung yang mengunjungi SPTN Wilayah 1 Cibodas TNGGP kebanyakan hanya berekreasi dan berkemah, dengan adanya program wisata harapan - nya memberi pengetahuan dan penglaman baru kepada pengunjung sekaligus membuat pengunjung sadar akan pentingnya peran capung dalam Ekosistem khususnya daerah perairan.Program yang dihasilkan terdiri dari 4 Program terdiri dari program harian ”Jelajahi Dunia capung”, “ Pengamatan Capung di Danau Mandalawangi”, ”Pengamatan Capung di Curug Rawa Gede”, dan program wisata bermalam Mengapung “Mengamati Capung”.

Kata Kunci : Capung, Ekowisata, Ekowisata Capung, Keanekaragaman Capung, Program,SPTN Wilayah 1 Cibodas TNGGP.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Capung,Ekowisata,Program,SPTNW 1 Cibodas,Sumberdaya
Subjects: Standard Operating Procedures
Strategic Plan
Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Ecotourism
Depositing User: Ekowisata SV IPB
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:49
Last Modified: 07 Sep 2022 01:49
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item View Item