Evaluasi Manajemen Logistik Dan Rantai Pasok di PT Putra Nugraha Sentosa Klaten ,Jawa Tengah

Wirabuana, Yoga (2022) Evaluasi Manajemen Logistik Dan Rantai Pasok di PT Putra Nugraha Sentosa Klaten ,Jawa Tengah. Project Report. IPB University.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover)
J3K219187-01-Yoga-Cover.pdf

Download (972kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3K219187-02-Yoga-Ringkasan.pdf

Download (762kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3K219187-03-Yoga-Daftar Isi.pdf

Download (836kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3K219187-04-Yoga-Pendahuluan.pdf

Download (889kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
tugasakhir(Full Text).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

YOGA WIRABUANA, Evaluasi Manajemen Logistik dan Rantai Pasok di PT Putra Nugraha Sentosa Klaten, Jawa Tengah. (Evaluation of Supply Chain Management at PT Putra Nugraha Sentosa Klaten Central Java) dibimbing oleh AGUNG PRAYUDHA HIDAYAT

PT Putra Nugraha Sentosa dalam melakukan manajemen logistik dan rantai pasoknya dilakukan oleh Departemen Inventory dan Distribusi. Skema rantai pasok PT Putra Nugraha Sentosa dari hulu hingga hilir menerapkan tiga aliran yaitu barang, informasi, dan uang. Secara umum ketiga aliran tersebut sudah terimplementasi dengan baik. Penerimaan bahan baku dan pengiriman produk jadi sudah baik. Informasi disampaikan menggunakan whatsapp, dokumen tulis, e-mail antar divisi. Pihak-pihak yang terlibat pada rantai pasok PT Putra Nugraha Sentosa yaitu supplier, manufacture, logistic partner, dan customer. Strategi rantai pasok PT Putra Nugraha Sentosa adalah strategic fit. Moda transportasi yang digunakan adalah hand pallet, truk bak tertutup, dan mobil bak tertutup.
Biaya pokok penyimpanan gudang bahan baku sebesar Rp 129/kg. biaya pokok penyimpanan bahan baku per tumpukan/ m2 per bulan sebesar Rp 232.200. sedangkan di gudang bahan bantu & sparepart menempati gudang 30 % dengan biaya total Rp 13.850.273dan biaya yang harus dikeluarkan per bulannya untuk menyimpan 1 unit bahan bantu & sparepart yaitu Rp. 1.807 /unit. Biaya pemindahan bahan menggunakan forklift sebesar Rp 244.088 /hari sedangkan biaya pemindahan bahan menggunakan hand pallet sebesar Rp 79.960 /hari.
Rencana distribusi pengiriman produk packaging white craft menggunakan algoritma djisktra menemukan rute terpendek dalam pengirimannya menuju customer yang berada di Karanganyar dengan mempertimbangkan beberapa rute yang menghasilkan rute 42 km sebagai rute terpendek yang dipilih. penerapan lean Warehousing mendapatkan hasil yang baik guna mengurangi waste terlihat pada VSM dalam inventory, yakni sebelum dilakukan uji coba menghasilkan lead time 40 menit dan value added sebesar 105 menit. Kemudian dengan dilakukan beberapa improvement dapat mengurangi lead time menjadi 15 menit dan value added 90 menit.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Biaya pemindahan, biaya pokok penyimpanan, algoritma dijkstra, lean warehousing, dan strategic fit.
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Industrial Management
Depositing User: Manajemen Industri SV IPB
Date Deposited: 27 Aug 2022 01:48
Last Modified: 27 Aug 2022 01:48
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11631

Available Versions of this Item

  • Evaluasi Manajemen Logistik Dan Rantai Pasok di PT Putra Nugraha Sentosa Klaten ,Jawa Tengah. (deposited 27 Aug 2022 01:48) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item