Peremajaan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Randi Estate PT Swadaya Andika, Kalimantan Selatan

Fandhesa, Reiga (2022) Peremajaan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Randi Estate PT Swadaya Andika, Kalimantan Selatan. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3T419913-01-Reiga-Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3T419913-02-Reiga-Ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3T419913-03-Reiga-Daftarisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3T419913-04-Reiga-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id/

Abstract

REIGA FANDHESA. Peremajaan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Randi Estate PT Swadaya Andika, Kalimantan Selatan. Replanting of Oil Palm (Elaeis guineensis Jacq.) at Randi Estate PT Swadaya Andika South Kalimantan. Dibimbing oleh SUWARTO.
Praktik kerja lapangan (PKL) bertujuan sebagai sayarat lulus dari program studi Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan serta penyelesain On the Job Training (OJT) pada program beasiswa Building Estate Sustainable and Tranformasion (BEST) Program Minamas Plantations. PKL juga bertujuan untuk mempraktikkan ilmu yang didapat selama perkuliahan dan menambah keterampilan dalam budidaya tanaman kelapa sawit khususnya pada aspek peremajaan kelapa sawit. PKL dilaksanakan selama 5 bulan yang dimulai pada tanggal 17 Januari 2022 hingga tanggal 4 Juni 2022.
Kegiatan peremajaan kelapa sawit diawali dengan perencanaan lahan yang terdiri sensus pokok kelapa sawit, pembuatan standard volume replanting (SVR) dan standard work replanting (SWR) untuk work order (WO), dan pembuatan peta blue print. Selanjutnya kegiatan persiapan lahan terdiri dari felling, chipping, debolling, pancang close ended conversavion and trenches (CECT), pembuatan CECT, pancang teras, pembuatan terasan, cambering dan pancang tanam. Setelah persiapan lahan, kegiatan berikutnya adalah penanaman kelapa sawit, aplikasi tandan kosong, dan penanaman legume cover crop (LCC)
Hasil evaluasi kegiatan peremajaan yaitu prestasi kerja alat meliputi ouput alat berat excavator dan taktor. Ouput excavtor untuk felling, chipping, dan debolling adalah 136 pokok/hari atau 0,91 ha/hari. Sedangkan CECT memiliki ouput kerja 186 m/hari atau 0,21 ha/hari. Ouput alat traktor untuk lubang tanam mekanis memiliki ouput kerja 328 lubang/hari atau 1,82 ha/hari. Jadi, total pencapaian kegiatan peremajaan selama 5 bulan sebesar 47,27 % dari 543,72 ha.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: kelapa sawit, output, peremajaan, perencanaan, hasil
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Technology and Management of Plantation Production
Depositing User: Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan SV IPB
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:12
Last Modified: 23 Aug 2022 07:12
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11437

Actions (login required)

View Item View Item