PROTOTIPE SISTEM PENYIRAM TAMAN MENGGUNAKAN NODEMCU DENGAN KONTROL SISTEM BERBASIS ANDROID DI BKKBN HALIM

Mutawally, Muhammad Ashraf (2022) PROTOTIPE SISTEM PENYIRAM TAMAN MENGGUNAKAN NODEMCU DENGAN KONTROL SISTEM BERBASIS ANDROID DI BKKBN HALIM. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3D119084-01-Ashraf-Cover.pdf

Download (887kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3D119084-02-Ashraf-Ringkasan.pdf

Download (825kB)
[img] Text (Daftar isi)
J3D119084-03-Ashraf-Daftar Isi.pdf

Download (792kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3D119084-04-Ashraf-Pendahuluan.pdf

Download (765kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3D119084-05-Ashraf-Tugas Akhir Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Taman adalah sebidang lahan terbuka dengan luasan tertentu didalamnya ditanam pepohonan, perdu, semak dan rerumputan yang dapat dikombinasikan dengan kreasi dari bahan lainnya. Di suatu lembaga atau instansi, taman yang diadakan serta tertata rapi akan mendukung kondusivitas dan suasana bekerja yang menyenangkan bahkan membuat senang para pengunjung instansi tersebut.
Tanaman yang ada di taman memerlukan perawatan serta suplai kebutuhan air secara tepat. Banyak taman yang perawatannya masih menggunakan cara konvesional. Staf petugas perawat taman biasanya masih menggunakan selang air dan menyirami taman secara berkala. Tidak dapat dipungkiri cara tersebut akan memakan waktu dan tenaga melihat taman yang ada di instansi biasanya cukup luas dan tersebar di berbagai lokasi.
Berdasarkan permasalahan diatas, diambil judul “Prototipe Sistem Penyiram Taman Menggunakan NodeMCU dengan Kontrol Sistem Berbasis Android di BKKBN Halim” demi membuat sebuah sistem penyiram taman otomatis yang bekerja dengan mengukur kelembapan tanah yang dapat dimonitoring serta di kontrol melalui android guna mempermudah proses penyiraman dan perawatan taman yang ada di BKKBN. Penelitian ini menggunakan metode prototipe yang terbagi menjadi empat tahap. Pada tahap pertama dilakukan analisis kebutuhan alat. Kemudian pada tahap kedua dilakukan perancangan alat dengan menggunakan skema rangkaian dan juga pembuatan flowchart. Tahap ketiga dilakukan implementasi atau perakitan alat. Dan tahap terakhir dilakukan pengujian alat. Pada pengujian didapat hasil akhir bahwa alat dapat berjalan baik secara otomatis dan juga dilakukan kontrol manual melalui aplikasi android. Didapat juga nilai keakurasian soil moisture sensor dalam membaca kelembaban tanah hingga akurasi 99,75 %.
Pemanfaatan IoT pada sistem yang dibangun adalah karena IoT secara real- time dapat pertukar data dengan perangkat lain. Salah satu pemanfaatan IoT antara lain dengan menghubungkan module mikrokontroler NodeMCU yang sudah memiliki module Wi-Fi sehingga dapat terkoneksi dengan jaringan internet dengan aplikasi android Blynk. Untuk dapat terkoneksi dengan aplikasi Blynk diperlukan token autentikasi yang dicantumkan pada program kemudian diunggah pada mikrokontroler. Dengan menggunakan aplikasi Blynk user dapat dengan mudah melakukan kustomisasi elemen yang dibutuhkan untuk melakukan kontrol terhadap sistem.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Android, Blynk, IoT, Penyiram, Taman.
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:44
Last Modified: 23 Aug 2022 04:44
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11409

Actions (login required)

View Item View Item