Pendirian Unit Bisnis Nugget Bayam pada PT Agrindo Lestari Nusantara Sentosaabadi

Siregar, Hilda Felichia (2022) Pendirian Unit Bisnis Nugget Bayam pada PT Agrindo Lestari Nusantara Sentosaabadi. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3J119110-01-Hilda-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3J119110-02-Hilda-Ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3J119110-04-Hilda-Daftarisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3J119110-05-Hilda-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

HILDA FELICHIA SIREGAR. Pendirian Unit Bisnis Nugget Bayam pada PT Agrindo Lestari Nusantara Sentosaabadi. Business Unit Establishment of Spinach Nuggets at PT Agrindo Lestari Nusantara Sentosaabadi. Dibimbing oleh HERMAWAN WANA.

Dalam struktur perekonomian di Jawa Barat, sektor pertanian merupakan sektor kedua terbesar setelah industri (Badan Penghubung Jabar 2020). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jawa Barat tahun 2019, Provinsi Jawa Barat menghasilkan produk sayuran sebanyak 2.992.675 kuintal. Dalam memenuhi kebutuhan gizi, sektor pertanian terus menciptakan inovasi salah satunya dengan membudidayakan sayuran secara hidroponik. PT Agrindo Lestari Nusantara Sentosaabadi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang hidroponik. Banyaknya jumlah hasil sortasi dengan kualitas rendah dapat dijadikan peluang usaha guna meningkatkan pendapatan perusahaan dengan membuat produk olahan nugget bayam. Tujuan dari penulisan kajian pengembangan bisnis pada PT Agrindo Lestari Nusantara Sentosaabadi adalah merumuskan ide pengembangan bisnis berdasarkan analisis faktor eksternal dan internal dari perusahaan dan menyusun perencanaan pengembangan bisnis berdasarkan aspek non finansial dan aspek finansial.

Metode yang digunakan dalam kajian pengembangan bisnis ini yaitu analisis SWOT, analisis aspek non finansial dan analisis aspek finansial. Analisis SWOT digunakan untuk menganalisis faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman serta internal yaitu kekuatan dan kelemahan yang ada pada perusahaan. Analisis aspek non finansial terdiri dari aspek pasar dan pemasaran, aspek produksi, aspek organisasi dan manajemen, aspek sumber daya manusia, dan aspek kolaborasi.

Pendirian unit bisnis nugget bayam dilihat dari aspek non finansial maupun finansial dikatakan layak untuk dijalankan. Aspek non finansial yang dianalisis meliputi aspek pasar dan pemasaran, aspek produksi, aspek organisasi dan manajemen, aspek sumber daya manusia, dan aspek kolaborasi. Aspek finansial dikatakan layak karena memiliki nilai NPV sebesar Rp 45.785.992, Net B/C sebesar 4, Gross B/C sebesar 1,21, IRR sebesar 99%, dan payback period pada bisnis ini selama 1 tahun 11 bulan. Berdasarkan analisis aspek finansial maka bisnis ini layak untuk dijalankan.

PT Agrindo Lestari Nusantara Sentosaabadi diharapkan dapat menjalankan ide pengembangan bisnis produksi nugget bayam untuk memanfaatkan bayam grade B dan meningkatkan pendapatan perusahaan melalui nilai tambah nugget bayam. Hal ini karena berdasarkan analisis finansial, bisnis ini layak untuk dijalankan.

Kata kunci: bayam, nugget bayam, sayuran, SWOT

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: bayam, nugget bayam, sayuran, SWOT
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Agribusiness Management
Depositing User: Manajemen Agribisnis SV IPB
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:37
Last Modified: 23 Aug 2022 04:37
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11382

Actions (login required)

View Item View Item