Sistem Perencanaan Produksi Part Frame Body ESAF Pada Lini Produksi Press Center di PT XYZ

Nurtiansyah, Farhan (2022) Sistem Perencanaan Produksi Part Frame Body ESAF Pada Lini Produksi Press Center di PT XYZ. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3K219148-01-Farhan=cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3K219148-02-Farhan=ringkasan.pdf

Download (815kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3K219148-03-Farhan=daftarisi.pdf

Download (888kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3K219148-04-Farhan=pendahuluan.pdf

Download (776kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3K219148-05-Farhan=tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan di PT XYZ. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan produsen sepeda motor terbesar yang berada di Indonesia. Kegiatan produksi pada perusahaan ini secara garis besar meliputi pembuatan blok mesin, pembuatan kerangka dalam sepeda motor, pembuatan velg, dan pembuatan kerangka luar sepeda motor. Lini produksi Press Center merupakan lini produksi yang bertanggung jawab melakukan proses produksi untuk kerangka dalam sepeda motor. Adapun kerangka dalam yang dibahas pada aspek khusus ini ialah frame body ESAF (Enhanched Smart Architecture Frame). Frame body ESAF ini merupakan kerangka motor yang termasuk kedalam modular design dan terdiri dari enam part penyusun yaitu main member r, main member l, side member inner r, side member inner l, side member outer r, dan side member outer l. Keenam part frame body ESAF diproduksi oleh lima mesin produksi dengan pola produksi tersendiri pada tiap mesinnya sehingga satu mesin memproduksi dua part frame body ESAF.
Lini produksi Press Center menerapkan tipe produksi make to order dengan menerapkan level stock, volume produksi mass production, dan aliran produksinya batch production. Perencanaan produksi yang dilakukan berdasarkan delivery schedule lima belas bulan terakhir yang dikirimkan oleh lini produksi di depan Press Center yaitu Welding Frame Body. Perencanaan produksi bertujuan untuk memprakirakan jumlah permintaan tiap part penyusun frame body ESAF periode Mei 2022 hingga Juli 2022. Metode prakiraan permintaan yang digunakan adalah metode moving aaverage per tiga triwulan karena memiliki presentase error terkecil pada setiap part frame body ESAF hingga 4,313% dengan hasil prakiraan permintaan dari total part frame body ESAF pada triwulan keenam adalah 3.699.919 part. Perencanaan agregat dilakukan untuk mengetahui biaya perencanaan yang dibutuhkan dalam memproduksi part frame body ESAF selama triwulan keenam. Metode yang digunakan yaitu chase strategy karena memiliki total biaya perencanaan terkecil yaitu sebesar Rp581.893.307,80. Kapasitas produksi yang dimiliki lini produksi Press Center ialah 84.500 part/hari sehingga dengan kapasitas yang dimiliki ini dapat memenuhi tingkat produksi pada perencanaan agregat chase strategy. Perencanaan agregat dilengkapi dengan Jadwal Induk Produksi yang menjadi penjabaran dari perencanaan agregat. Perhitungan Jadwal Induk Produksi pada keenam part frame body ESAF kemudian akan diteruskan untuk melakukan perencanaan kebutuhan bahan baku atau Material Requirement Planning (MRP).

Kata kunci: level stock, frame body ESAF, Press Center, delivery schedule, perencanaan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: level stock, frame body ESAF, Press Center, delivery schedule, perencanaan
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Industrial Management
Depositing User: Manajemen Industri SV IPB
Date Deposited: 22 Aug 2022 07:20
Last Modified: 22 Aug 2022 07:20
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11344

Actions (login required)

View Item View Item