RANCANG BANGUN ALAT MONITOR pH CAIRAN PELAPISAN NIKEL BERBASIS IOT DI CV. APINDO BROTHER SUKSES

Abdullah, Gede (2022) RANCANG BANGUN ALAT MONITOR pH CAIRAN PELAPISAN NIKEL BERBASIS IOT DI CV. APINDO BROTHER SUKSES. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3D119049-01-Gede-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3D119049-02-Gede-Ringkasan.pdf

Download (760kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3D119049-03-Gede-Daftar Isi.pdf

Download (970kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3D119049-04-Gede-Pendahuluan.pdf

Download (766kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3D119049-05-Gede-Tugas Akhir Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Electroplating atau lapis listrik adalah salah satu proses pelapisan padat dengan lapisan logam menggunakan bantuan tenaga arus listrik melalui suatu larutan yang dinamakan larutan elektrolit. Nilai dari pH akan mempengaruhi dari kualitas hasil produksi electroplating. Pengecekan yang dilakukan selama ini oleh CV. Apindo Brother Sukses menggunakan kertas lakmus pH dengan cara memasukannya langsung kedalam cairan electroplating yaitu cairan nikel. Tentunya metode ini dinilai kurang efektif dan dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan apabila dilakukan dalam jangka panjang.
pH cairan nikel yang digunakan dalam pelapisan logam bervariasi, berkisar 1,5 hingga 5,2, namun pada CV. Apindo Brother Sukses standar pH nikel yang digunakan berkisar 4,0 sampai 4,5. Sehingga perlu dilakukan pengetesan nilai pH secara berkala agar kadar pH pada cairan nikel dapat terkontrol dengan baik.
Metode yang digunakan pada rancang bangun alat monitor pH cairan pelapisan nikel ini melalui empat tahapan. Pada tahapan pertama yaitu analisis melakukan analisis masalah dan analisis kebutuhan fungsional dan nonfungsional. Pada tahapan kedua yaitu perancangan melakukan rancangan Blok Diagram, flowchart, desain alat, dan rangkaian komponen. Pada tahapan implementasi yaitu melakukan kalibrasi komponen, proses perangkaian alat, dan pembuatan kode program. Pada tahapan akhir yaitu hail pengujian melakukan pengujian terhadap alat monitor pH cairan pelapisan nikel.
Alat monitor pH dapat membaca nilai dari pH cairan nikel yang digunakan proses plating atau pelapisan logam. Dengan terhubung ke internet, alat yang dibuat dapat ditampilkan secara real time menggunakan smartphone lewat aplikasi Blynk. Nilai dari pH yang dan dibaca oleh sensor dapat tersimpan langsung pada web Google Sheets.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Electroplating, Internet, Nikel, pH, Smartphone.
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 22 Aug 2022 05:47
Last Modified: 22 Aug 2022 05:47
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11324

Actions (login required)

View Item View Item