Pemantauan Suhu Air dan Pengendalian Nutrisi Otomatis Menggunakan NodeMCU serta Telegram pada Tanaman Hidroponik di Dinas KPKP

Andriawan, Fahmi (2022) Pemantauan Suhu Air dan Pengendalian Nutrisi Otomatis Menggunakan NodeMCU serta Telegram pada Tanaman Hidroponik di Dinas KPKP. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3D119044-01-Fahmi-Cover.pdf

Download (974kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3D119044-02-Fahmi-Ringkasan.pdf

Download (839kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3D119044-04-Fahmi-Daftarisi.pdf

Download (856kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3D119044-05-Fahmi-Pendahuluan.pdf

Download (766kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Alat pengendalian nutrisi dan pemantauan suhu air digunakan untuk memeriksa kandungan nutrisi pada air di tanaman hidroponik. Kebanyakan dalam pemantauan suhu dan pemberian nutrisi sering terabaikan sehingga pertumbuhan tanaman dan kualitasnya kurang baik. Oleh karena itu, pemeriksaan suhu dan nutrisi pada air penting untuk diperiksa secara berkala dikarenakan sinar matahari yang terus menyinari di siang hari dan kualitas air apakah masih baik atau perlu pemasukan nutrisi.
Pemberian nutrisi pada saat ini masih menggunakan manual yaitu dengan memberikan langsung ke pipa atau bak penampung air sehingga terkadang terbaikan. Pada penelitian ini dibuatlah sebuah alat untuk memantau keberadaan suhu pada air dan pengontrolan atau pengendalian nutrisi pada tanaman hidroponik tersebut. Hal ini diharapkan memberikan manfaat dengan menghasilkan pertumbuhan dan kualitas tanaman lebih baik dan memudahkan perawatan bagi penggunanya.
Penelitian ini mengembangkan yang sudah ada di Bidang Pertanian Dinas Ketahannan Pangan Kelautan dan Pertanian. Pada alat ini akan ditampilkan suhu air dan kadar nutrisi pada LCD, Kemudian melakukan pengendaliannya secara otomatis. Hal ini dilakukan dengan mengatur set-point, jika kurang dari kapasitas normal maka pompa nutrisi akan berjalan secara otomatis. Selain itu, pemantauan dan pengendalian dapat dilihat di aplikasi telegram. Pada penelitian ini tanaman yang digunakan yaitu tanaman salada yang mana memiliki kadar kepekatan 560 – 840 ppm. Setelah dilakukan penelitian seharian kadar nutrisi mengalami penurunan sekitar 20% dalam sehari atau sekitar 50 – 150 ppm.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: nutrisi, set-point, suhu air, telegram.
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:41
Last Modified: 24 Aug 2022 02:41
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item