SISTEM MONITORING JARINGAN MENGGUNAKAN SNMP BERBASIS PRTG DAN MANAJEMEN BANDWIDTH PADA DIVISI TV VIDEO PT. TELKOM STO GAMBIR

Bhagaskara, Aryo Bima (2022) SISTEM MONITORING JARINGAN MENGGUNAKAN SNMP BERBASIS PRTG DAN MANAJEMEN BANDWIDTH PADA DIVISI TV VIDEO PT. TELKOM STO GAMBIR. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3D119017-01-ARYO-COVER.pdf

Download (988kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3D119017-02-ARYO-RINGKASAN.pdf

Download (824kB)
[img] Text (Daftar isi)
J3D119017-03-ARYO-DAFTAR ISI.pdf

Download (813kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3D119017-04-ARYO-PENDAHULUAN.pdf

Download (834kB)
[img] Text (Tugas akhir (Full text))
J3D119017-05-ARYO-TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT. Telkom Indoneisa STO Gambir bergerak dalam bidang jasa layanan. Dalam hal ini layananan yang diberikan oleh PT. Telkom STO Gambir adalah jaringan internet dan juga Internet TV. Selama berjalanya proses kerja dalam lingkungan kantor, sangat diperlukan adanya koneksi internet yang cepat dan juga stabil.
Selain diperlukanya internet yang cepat dan juga stabil, kompleksitas jaringan juga didukung oleh semakin banyaknya alat yang terkoneksi ke jaringan. Demikian juga dengan semakin mudahnya koneksi internet berdampak pada semakin tingginya konsumsi pemakaian bandwidth. Kurangnya monitoring terhadap pengguna dalam sebuah jaringan akan berdampak pada ketidakstabilan koneksi jaringan sehingga akan mengganggu resource jaringan secara keseluruhan. Untuk itulah maka aktivitas monitoring jaringan sangatlah penting dilakukan khususnya oleh Net Admin sebuah jaringan komputer.
PRTG sebagai tools yang akan digunakan untuk kepentingan monitoring dan evaluasi jaringan di lingkungan PT. Telkom Indonesia STO Gambir. Adalah suatu sistem monitoring yang dimiliki oleh paesler yang dapat memudahkan dalam melakukan monitoring terhadap pengunaan bandwidth dan banyak parameter jaringan lain berdasarkan alamat IP dari perangkat yang digunakan.
Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan diatas, dibutuhkan pemilihan sebuah tools yang tepat dalam melakukan perawatan dan juga monitoring jaringan internet. Tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan pada lingkungan masing masing. Pada PT.Telkom Indonesia lokasi berjalanya Praktik Kerja Lapang, dipilihnya judul “Pembangunan Sistem Monitoring Jaringan Menggunakan SNMP Berbasis PRTG Dan Manajemen Bandwith Pada Divisi TV Video PT. Telkom Indonesia STO Gambir” dikarenakan pada lingkungan Praktik Kerja Lapang, Memiliki kekurangan dalam layanan jaringan.
Maka dari itu pemanfaatan SNMP berbasis PRTG dirasa sangat cocok untuk mengimplementasikan sistem monitoring pada jaringan di Divisi TV Video Pt. Telkom Indonesia STO Gambir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: bandwidth, internet, monitoring, PRTG, SNMP
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:17
Last Modified: 22 Aug 2022 02:17
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11286

Actions (login required)

View Item View Item