Manajemen Panen dan Transportasi Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Divisi 3 Selabak Estate PT Swadaya Andika Kalimantan Selatan

Prasetia, Hafiid (2022) Manajemen Panen dan Transportasi Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Divisi 3 Selabak Estate PT Swadaya Andika Kalimantan Selatan. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3T419907-01-Hafiid-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3T419907-02-Hafiid-Ringkasan.pdf

Download (763kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3T419907-03-Hafiid-Daftarisi.pdf

Download (806kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3T419907-04-Hafiid-Pendahuluan.pdf

Download (764kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

HAFIID PRASETIA. Manajemen Panen dan Transportasi Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Divisi 3 Selabak Estate PT Swadaya Andika, Kalimantan Selatan . Oil Palm Harvest Management and Transportation (Elaeis Guineensis Jacq.) Division 3 Selabak Estate PT Swadaya Andika, South Kalimantan. Dibimbing oleh DR. IR. SUWARTO, M.SI.
Secara umum kegiatan praktik kerja lapangan bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan, mengasah keterampilan melalui peningkatan kemampuan teknis lapangan dan manajerial kebun, serta mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja. Secara khusus kegiatan PKL bertujuan untuk mengetahui pemanenan dan transportasi hasil panen yang baik untuk mendapatkan rendemen minyak yang tinggi dengan kualitas yang baik. Kegiatan PKL dilaksanakan di Selabak Estate, PT Swadaya Andika Kalimantan Selatan mulai tanggal 17 Januari hingga 4 Juni 2022.
Selama kegiatan PKL berlangsung, mahasiswa melaksanakan pekerjaan teknis lapangan dan pekerjaan manajerial sebagai asisten divisi. Pekerjaan teknis lapangan yang dilaksanakan meliputi pemanenan, pengendalian gulma secara chemist dan pemupukan. Pekerjaan manajerial meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, evaluasi, dan mengelola pekerjaan serta administrasi yang ada di divisi.
Sistem panen di Selabak Estate menggunakan sistem Block Harvesting System (BHS) yaitu sistem panen yang terkonsentrasi pada satu seksi panen setiap hari. Sistem BHS didukung dengan metode C1R2 Modifikasi, yang mana C1R2 modifikasi terdiri dari cutter, carrier, dan tenaga borongan sebagai picker . Mandor panen melakukan perhitungan Angka Kerapatan Panen (AKP) pada areal yang akan dipanen esok hari setiap harinya untuk memperkirakan produksi yang akan diperoleh yang di sebut dengan taksasi produksi. Hasil taksasi produksi akan digunakan sebagai acuan untuk menentukan jumlah kebutuhan tenaga panen harian dan transportasi pengangkutan hasil panen. Kebutuhan tenaga panen secara kuantitas sudah terpenuhi, dan berdasarkan pengamatan penulis untuk kualitas tenaga sudah baik dalam menjaga kualitas ancak dan mutu buah pemanen, tetapi masih bisa dioptimalkan agar lebih baik lagi. Transportasi hasil panen Selabak Estate telah menggunakan sistem mekanisasi dengan Mini Tractor Grabber (MTG) dan prime mover untuk pengangkutan TBS dari Tempat Pengumpulan Hasil (TPH) ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) sehingga efektivitas dan efisisensi kerja dapat terlaksana dengan baik.
Perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling), dan evaluasi (evaluating) dalam pemanenan bertujuan mengoptimalkan produksi dan meminimalisir terjadinya looses. Dan seluruh pekerjaan di Selabak Estate sudah berjalan dengan baik karena didukung manajemen yang tepat dan terorgnisir dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Panen, Sistem Panen BHS by C1R2 Modifikasi, Transportasi Hasil Panen
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Technology and Management of Plantation Production
Depositing User: Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan SV IPB
Date Deposited: 20 Aug 2022 04:41
Last Modified: 20 Aug 2022 04:41
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11260

Actions (login required)

View Item View Item