Penerapan Metode dan Pengukuran Kerja pada Operasi Clearcoat Area Dempul dan Painting di Laksana Karoseri, Jawa Tengah

Yusfa, Karisma Lailatul (2022) Penerapan Metode dan Pengukuran Kerja pada Operasi Clearcoat Area Dempul dan Painting di Laksana Karoseri, Jawa Tengah. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3K119071-Karisma-01-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3K119071-Karisma-02-Ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftarisi)
J3K119071-Karisma-03-Daftarisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3K119071-Karisma-04-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir (Full Text).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

KARISMA LAILATUL YUSFA. Penerapan Metode dan Pengukuran Kerja pada Operasi Clearcoat Area Dempul dan Painting di Laksana Karoseri, Jawa Tengah. The Implementation of Method and Work Measurements in the Clearcoat Area Putty and Painting Operation in Laksana Karoseri, Jawa Tengah. Dibimbing oleh ANDES ISMAYANA.
Laksana Karoseri merupakan karoseri yang mengembangkan inovasi dalam dunia transportasi terutama bus sehingga perusahaan ini menjadi salah satu produsen bus terbesar di Indonesia. Metode dan pengukuran kerja pada Laksana Karoseri sudah ada akan tetapi untuk pengimplementasiannya belum sesuai dan masih dilakukan secara manual terutama pada operasi clearcoat. Metode dan pengukuran kerja proses clearcoat masih dilakukan secara manual seperti perhitungan waktu ketika operasi dimulai. Operasi dimulai dari bus masuk sampai bus keluar oven dan dihitung waktunya.
Tujuan PKL yang dilaksanakan di Laksana Karoseri yaitu menerapkan metode kerja pada operasi clearcoat dempul dan painting di Laksana Karoseri. Tujuan kedua yaitu melakukan pengukuran waktu kerja untuk mengetaui waktu baku dan menentukan waktu penyelesaian proses clearcoat area dempul painting di Laksana Karoseri. Praktik Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan kurang lebih 45 hari kerja. Kajian aspek khusus membahas mengenai perancangan yaitu metode pengukuran kerja yang terdiri dari peta kerja, ergonomi, studi gerakan, ekonomi gerakan, dan pengukuran waktu kerja. Peta kerja terdiri dari peta proses operasi dari proses clearcoat yaitu 11 operasi, 3 inspeksi, dan 2 proses gabungan (inspeksi dan operasi) dengan total waktu 63 jam. Peta aliran proses dengan total waktu 64 jam dengan jarak 440 meter. Kondisi ergonomi yang ditetapkan di Laksana Karoseri sudah cukup baik dari mulai lingkungan kerja dan display dengan penempatan yang mudah terlihat sehingga mudah terbaca. Pada lingkungan kerja penerapan pada Laksana Karoseri terdiri dari temperatur yang dikategorikan normal dengan suhu 30°C, Sirkulasi udara terdapat ventilasi pada beberapa titik dibagian atas gedung dan juga pintu yang besar, Pencahayaan pada area dempul dan painting sebesar 395 lux, dan terakhir bau-bauan yang berasal dari bau bahan baku dempul dan bahan baku painting (pengecatan). Penerapan ekonomi gerakan sudah cukup baik dengan menerapkan prinsip-prinsip yang sudah ditentukan walaupun masih ada beberapa yang belum sesuai.
Perhitungan kerja di Laksana Karoseri diperoleh waktu siklus sebesar 126, 67 menit/bus. Waktu normal sebesar 146,94 menit/bus dan waktu baku sebesar 191,78 menit/bus. Total bus yang diproduksi yaitu sebanyak 36 unit bus/waktu normal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: clearcoat, ergonomi, metode work sampling, peta kerja, studi gerakan
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Industrial Management
Depositing User: Manajemen Industri SV IPB
Date Deposited: 20 Aug 2022 02:58
Last Modified: 20 Aug 2022 02:58
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11247

Actions (login required)

View Item View Item