Perencanaan Ekowisata Berdasarkan Daya Dukung Kawasan di Bumi Perkemahan Mandalawangi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Tusifa, Diana (2022) Perencanaan Ekowisata Berdasarkan Daya Dukung Kawasan di Bumi Perkemahan Mandalawangi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3B119018_01_Diana_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3B119018_02_Diana_Ringkasan.pdf

Download (878kB)
[img] Text (Abstrak)
J3B119018_03_Diana_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3B119018_04_Diana_Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3B119018_05_Diana_Pendahuluan.pdf

Download (817kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Daya dukung ekowisata adalah jumlah maksimum orang yang boleh mengunjungi satu tempat wisata pada saat bersamaan tanpa menyebabkan kerusakan lingkungan fisik, ekonomi, sosial budaya dan penurunan kualitas yang merugikan bagi kepuasan wisatawan. Daya dukung ekowisata terdiri dari daya dukung fisik, daya dukung rill, dan daya dukung efektif. Bumi Perkemahan Mandalawangi atau Camping Ground adalah area bumi perkemahan yang terletak di bawah kaki Gunung Gede Pangrango. Objek wisata di Bumi Perkemahan Mandalawangi adalah Danau Mandalawangi dan Camping Ground. Tugas akhir memiliki tujuan yaitu menganalisis data pengunjung, menganalisis sumberdaya wisata, menganalisis daya dukung kawasan dan membuat perencanaan ekowisata berdasarkan daya dukung kawasan. Metode data yang dicari yaitu luas area objek wisata, luas area pengunjung, luas penggunaan ruang, jumlah pengunjung, jumlah pegawai, masa buka, aktivitas wisata, lama kunjungan, curah hujan dan kelerengan lahan. Pelaksanaan kegiatan dimulai bulan April – Juni 2022 dengan studi literatur, observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden pengunjung. Analisis daya dukung kawasan dan data preferensi pengunjung menjadi fokus dalam pembuatan paket wisata. Paket wisata yang dirancang adalah paket overnight tour yang berjudul Mandalawangi Camp Tour. Paket wisata tersebut yang kemudian dibuatkan luaran sebagai media promosi yaitu berupa poster.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Sumberdaya Wisata, Daya Dukung, Paket Wisata
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Ecotourism
Depositing User: Ekowisata SV IPB
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:16
Last Modified: 22 Aug 2022 01:16
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11241

Actions (login required)

View Item View Item