Pemanenan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Di Rampa Estate PT Paripurna Swakarsa, Kalimantan Selatan

Ananda, Muhajir (2022) Pemanenan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Di Rampa Estate PT Paripurna Swakarsa, Kalimantan Selatan. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3T419911-01-Muhajir-Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3T419911-02-Muhajir-Ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3T419911-03-Muhajir-Daftarisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3T419911-04-Muhajir-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id/

Abstract

MUHAJIR ANANDA. Pemanenan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Di Rampa Estate PT Paripurna Swakarsa, Kalimantan Selatan. Oil Palm Harvesting (Elaeis guineensis Jacq.) at Rampa Estate PT Paripurna Swakarsa, Desa Rampa Cengal, Kecamatan Pamukan Selatan, Kabupaten Kotabru, Provinsi Kalimantan Selatan. Dibimbing oleh MUHAMMAD IQBAL NURULHAQ.
Pemanenan adalah kegiatan memotong Tandan Buah Segar (TBS) sesuai dengan kriteria matang panen yang selanjutnya akan dikirim menuju Pabrik Kelapa Sawit (PKS) untuk diolah menjadi Crude Palm Oil (CPO) dan Palm Kernel Oil (PKO). Kegiatan Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan di Rampa Estate, PT Paripurna Swakarsa, Kotabaru, Kalimantan Selatan mulai tanggal 16 Januari 2022 sampai dengan 5 Juni 2022.
Secara umum kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bertujuan untuk mempraktikkan teori-teori yang didapat selama masa perkuliahan secara langsung di lapangan, juga untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan mahasiswa dalam budidaya tanaman kelapa sawit. Secara khusus kegiatan PKL bertujuan untuk mengetahui manajemen pemanenan, membandingkan teknik budidaya kelapa sawit di lapangan dengan teori, dan meningkatkan kemampuan penulis dalam bersosialisasi dengan masyarakat yang ada di dalam perkebunan. Metode yang dilakukan penulis yaitu dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan yang dilakukan secara langsung, sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan bulanan dan arsip kebun.
Praktik kerja lapangan dilaksanakan dengan bertugas sebagai pendamping asisten divisi. Tugas asisten divisi yaitu membuat perencanaan semua pekerjaan yang ada di divisi, membentuk organisasi yang tepat, mengikuti dan melakukan pengawasan secara langsung terhadap semua pekerjaan, dan melakukan evaluasi dari setiap hasil pekerjaan serta mencari solusi untuk mengatasi semua permasalahan yang ada.
Rampa Estate menerapkan sistem panen BHS by C1R2 yang sudah dilaksanakan dengan baik. Sistem ini juga sudah menggunakan mekanisasi yaitu Manual Tractor Graber (MTG) dan Prime Mover (PM) dalam pengangkutan TBS dari TPH menuju PKS sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Seluruh kegiatan pekerjaan sudah berjalan dengan lancar dengan menggunakan ilmu manajemen POAC khususnya pada aspek pemanenan, sehingga dari perencanaan panen, pengorganisasian panen, pelaksanaan panen, dan pengawasan panen teraplikasikan dengan baik di lapangan.
Pada tahap pelaksanaan panen salah satu kegiatan paling penting adalah menjaga kualitas mutu hancak dan buah. TBS yang dipanen tidak boleh tertinggal di dalam hanca dan harus sesuai standar kriteria matang buah yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kelapa Sawit, BHS by C1R2, Kualitas Panen
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Technology and Management of Plantation Production
Depositing User: Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan SV IPB
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:55
Last Modified: 19 Aug 2022 08:55
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11231

Actions (login required)

View Item View Item