PENERAPAN MANAJEMEN PERGUDANGAN PADA RAW MATERIAL WAREHOUSE DI PT INDOLAKTO ES KRIM SUKABUMI JAWA BARAT

Arifian, Jovanto Syahrul (2022) PENERAPAN MANAJEMEN PERGUDANGAN PADA RAW MATERIAL WAREHOUSE DI PT INDOLAKTO ES KRIM SUKABUMI JAWA BARAT. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
Jovanto Syahrul Arifian_J3K119068_Cover.pdf

Download (995kB)
[img] Text (Ringkasan)
Jovanto Syahrul Arifian_J3K119068_Ringkasan.pdf

Download (890kB)
[img] Text (Daftar Isi)
Jovanto Syahrul Arifian_J3K119068_Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3K119068-04-Jovanto-Pendahuluan.pdf

Download (934kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Jovanto Syahrul Arifian_J3K119068_Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

RINGKASAN
JOVANTO SYAHRUL ARIFIAN. Penerapan Manajemen Pergudangan pada Raw Material Warehouse di PT Indolakto Es Krim Sukabumi, Jawa Barat (Implementation of Warehousing Management in Raw Material Warehouse at PT Indolakto Es Krim Sukabumi, West Java). Dibimbing oleh MUSLICH
Industri pangan di Indonesia sangat besar sehingga menyebabkan perkembangan pada perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen sangat meningkat secara drastis setiap tahun. PT Indolakto Es Krim adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang pengolahan es krim. Penerapan manajemen pergudangan pada gudang bahan baku untuk melihat tingkat integrasi yang dilakukan PT Indolakto Es Krim dengan supplier maupun konsumen serta memberikan saran perbaikan untuk meningkatkan continous improvement. Pengadaan bahan baku yaitu melalui tahap penawaran, negosiasi, serta kontrak. Dalam proses pengiriman PT Indolakto Es Krim menggunakan jalur darat yaitu truck dan mobil.
Penyimpanan bahan baku di gudang menggunakan metode FIFO (first in first out) serta FEFO (first expired first out) . Gudang bahan baku terdiri dari 6 ruang penyimpanan, yang terbagi berdasarkan cara penyimpanan bahan baku yang berbeda. Keterlibatan supplier menjadi hal yang penting terhadap jalannya produksi, oleh karena itu PT Indolakto Es Krim menerapkan metode safety stock untuk mengatasi permasalahan yang terjadi apabila sewaktu-waktu produksi berjalan secara banyak.
Pemilihan supplier pada PT Indolakto Es Krim dilakukan berdasarkan kriteria yang cocok dan diuji oleh Quality Control yang ada pada PT Indolakto Es Krim, sehingga dihasilkan bahan baku yang memiliki kualitas yang bagus serta aman untuk dikonsumsi.
Kata Kunci : Integrasi, penyimpanan, pemilihan, quality control, continous improvement

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Tugas Akhir ini sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Ahli Madya dan berisi tentang penerapan manajemen pergudangan pada raw material warehouse di PT Indolakto Es Krim Sukabumi Jawa Barat
Uncontrolled Keywords: Integrasi, penyimpanan, pemilihan, quality control, continous improvement
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Industrial Management
Depositing User: Manajemen Industri SV IPB
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:31
Last Modified: 29 Aug 2022 01:32
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/11115

Actions (login required)

View Item View Item