Prototipe Pengisian Informasi PPID Berbasis Sidik Jari Menggunakan ESP8266 Pada Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur

Saefullah, Ridwan Syamsa (2022) Prototipe Pengisian Informasi PPID Berbasis Sidik Jari Menggunakan ESP8266 Pada Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3D119112-01-Ridwan-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3D119112-02-Ridwan-Ringkasan.pdf

Download (828kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3D119112-03-Ridwan-Daftar-isi.pdf

Download (810kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3D119112-04-Ridwan Syamsa Saefullah-Pendahuluan.pdf

Download (835kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugas Akhir_Ridwan Syamsa Saefullah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengadakan Pelayanan Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID). PPID Bertujuan agar masyarakat mempunyai akses menuju berbagai informasi terkait dengan Pemilu, seperti berita langsung dari KPU seputar pelaksanaan Pemilu sehingga masyarakat mendapatkan Informasi langsung dari sumber terpercaya serta menangkal informasi yang tidak bertanggung jawab. Untuk memaksimalkan pelayanan tersebut, dalam laporan ini akan dibahas tentang “Prototipe Pengisian Informasi PPID Berbasis Sidik Jari Menggunakan ESP8266 Pada Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur”. Hasil dari laporan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan PPID di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur sehingga tercipta pelayan prima bagi masyarakat.
Pengembangan alat serta pengerjaan laporan dilakukan dalam beberapa tahap mulai dari tahapan riset sampai dengan evaluasi. Pada tahapan riset dilakukan sebuah observasi langsung. Tahap pengembangan merupakan tahap pembuatan kebutuhan awal alat. Pada tahap pengujian dilakukan pengetesan alat secara langsung dan melakukan pengumpulan data. Pada tahap Evaluasi alat didiskusikan serta diulas Kembali kekurangannya setelah mendapatkan data secara langsung.
Perancangan alat dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: (1) Pembuatan diagram blok; (2) Pembuatan Flowchart alat; (3) Desain rangkaian elektronik alat menggunakan ESP8266 dan AS608 Fingerprint scanner; (4) Desain casing alat; (5) Pembuatan kode program alat; (6) dan penggabungan rangkaian dengan casing alat.
Pengujian alat dilakukan dengan uji coba input sidik jari pada alat yang sudah dirancang dan melihat apakah sidik jari yang dipindai dapat dikenal oleh alat fingerprint scanner yang sudah dibuat. Pengujian kedua dilakukan dengan memasukan nilai pelayanan proses PPID dengan Keypad yang tersedia yang akan muncul pada LCD

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: fingerprint,informasi,KPU,Pelayanan,PPID.
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:19
Last Modified: 15 Aug 2022 03:19
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10876

Actions (login required)

View Item View Item