PEMBUATAN ALAT PENDETEKSI SUHU TUBUH BERBASIS IOT DI RS PMI BOGOR

Rafi, Muhammad Tholhah (2022) PEMBUATAN ALAT PENDETEKSI SUHU TUBUH BERBASIS IOT DI RS PMI BOGOR. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3D219166-01-Muhammad Tholhah Rafi-Cover.pdf

Download (982kB)
[img] Text (Ringkasan)
J3D219166-02-Muhammad Tholhah Rafi-Ringkasan.pdf

Download (764kB)
[img] Text (Daftar isi)
J3D219166-03-Muhammad Tholhah Rafi-Daftar Isi.pdf

Download (768kB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3D219166-04-Muhammad Tholhah Rafi-Pendahuluan.pdf

Download (798kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugas Akhir_Tholhah Rafi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://sv.ipb.ac.id

Abstract

Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Walaupun lebih banyak menyerang lansia, virus ini sebenarnya bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui. Infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).

Untuk saat ini COVID-19 masih menjadi pandemik di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Salah satu protocol yang diberlakukan oleh pemerintah bagi masyarakat yang berkegiatan diruang umum atau fasilitas terbuka adalah memeriksa suhu tubuh. Dari suhu tubuh itulah, seseorang bisa mengetahui kondisi tubuhnya sedang sehat atau tidak.

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di RS PMI Bogor, salah satu cara atau metode untuk mengendalikan dan menghentikan Covid-19 yaitu sosial distancing (pembatasan jarak). Oleh karena itu penelitian ini perlu dilakukan untuk mengganti alat pengecekan suhu tubuh konvensional dengan alat sensor pendeteksi suhu tubuh dengan output suara yang terkoneksi langsung dengan pekerja. Alat ini digunakan untuk membantu memudahkan petugas dalam melakukan pengecekan suhu tubuh dibandingkan alat konvensional di RS PMI Bogor.

System Development Life Cycle (SDLC) Metode SDLC ini digunakan karena sesuai dengan kebutuhan dalam melakukan pengerjaan alat ini. SDLC digunakan untuk membangun suatu sistem informasi agar dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jadi hasil dari alat yang dibuat untuk RS PMI Bogor ini adalah pendeteksi suhu otomatis dengan output suara yang memungkinkan dapat meminimalisir melonjaknya kasus Covid-19 terutamanya di RS PMI Bogor. Alat ini menggunakan prinsip IoT untuk membantu petugas agar tidak kontak langsung dengan pengunjung atau pasien Di RS PMI Bogor.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, SDLC, RS PMI Bogor
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer SV IPB
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:22
Last Modified: 15 Aug 2022 02:22
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10830

Actions (login required)

View Item View Item