Pembuatan Aplikasi Penjadwalan Kegiatan Berbasis Web pada PDSI Kementerian Komunikasi dan Informatika

Oktoniyer S, Freddy (2022) Pembuatan Aplikasi Penjadwalan Kegiatan Berbasis Web pada PDSI Kementerian Komunikasi dan Informatika. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3C119053-01-Freddy-Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3C119053-02-Freddy-Ringkasan.pdf

Download (396kB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3C119053-04-Freddy-Daftarisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3C119053-05-Freddy-Pendahuluan.pdf

Download (775kB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Pusat Data dan Sarana Informatika (PDSI) merupakan salah satu satuan kerja yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Komunikasi dan Informatika melalui Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika. PDSI memiliki berbagai jadwal kegiatan yang akan diumumkan kepada pegawai PDSI. Saat ini, sistem penjadwalan kegiatan PDSI menggunakan microsoft excel. Penjadwalan kegiatan menggunakan microsoft excel dinilai kurang efektif karena ketika terjadi perubahan jadwal kegiatan, maka perlu memberikan kembali file excel terbaru kepada pegawai. Selain itu, apabila ingin mengetahui rekapitulasi data secara keseluruhan terkait penjadwalan kegiatan di PDSI, maka perlu diolah terlebih dahulu sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama ketika data yang diolah cukup banyak. Dengan demikian PDSI membutuhkan media yang dapat mempermudah penyampaian penjadwalan kegiatan. Solusi yang diberikan adalah pembuatan aplikasi penjadwalan kegiatan berbasis web pada PDSI Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tujuan dibuatnya web ini adalah membuat fitur tabel penjadwalan, dashboard rekapitulasi penjadwalan, serta kalender kegiatan.
Pembuatan aplikasi penjadwalan kegiatan berbasis web dibangun menggunakan tahapan yang sesuai dengan metode prototype yang merupakan suatu metode dalam pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan yang terstruktur untuk membuat suatu program dengan cepat dan bertahap sehingga segera dapat dievaluasi oleh pemakai. Metode ini dipilih karena metode prototype bersifat adaptif terhadap instansi PDSI Kemkominfo serta memungkinkan adanya interaksi antara pengembang dengan pengguna. Aplikasi Penjadwalan kegiatan Berbasis Web pada PDSI Kementerian Komunikasi dan Informatika dapat diakses oleh tiga aktor, yaitu pegawai admin, pegawai editor, dan pegawai viewer. Dalam sistem ini pegawai admin dan editor dapat mengakses aplikasi web dengan login terlebih dahulu dan dapat mengakses penjadwalan kegiatan dengan menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi web. Pegawai admin dan editor dapat melihat, menambah, mengedit, dan menghapus jadwal kegiatan. Pegawai viewer hanya dapat mengakses kalender penjadwalan kegiatan tanpa login ke aplikasi web.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PDSI, Penjadwalan Kegiatan, Prototype
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Management of Informatics
Depositing User: Manajemen Informatika SV IPB
Date Deposited: 13 Aug 2022 03:02
Last Modified: 13 Aug 2022 03:02
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10786

Actions (login required)

View Item View Item