Pengukuran Kinerja dengan Menggunakan Analisis Rasio Keuangan pada PT Adhi Guna Putera

Hadisania, Aulia Neysa (2022) Pengukuran Kinerja dengan Menggunakan Analisis Rasio Keuangan pada PT Adhi Guna Putera. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3N219285-01-Aulia-Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3N219285-02-Aulia-Ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3N219285-04-Aulia-Daftarisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3N219285-05-Aulia-Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

AULIA NEYSA HADISANIA. Pengukuran Kinerja dengan Menggunakan Analisis Rasio Keuangan pada PT Adhi Guna Putera. Performance Measurement Using Financial Ratio Analysis at PT Adhi Guna Putera. Dibimbing oleh RESTI JAYENG RAMADHANTI.
Analisis laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui kondisi kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Analisis laporan keuangan yang biasa dilakukan dan paling sederhana adalah menggunakan analisis rasio. Secara umum, rasio keuangan terdiri dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, dan rasio aktivitas. PT. Adhi Guna Putera merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan yang melakukan berbagai kegiatan seperti jasa usaha bongkar muat, keagenan kapal, EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut) dan layanan kepelabuhan lainnya. Sejak periode 2019-2020 perusahaan mengalami penurunan pendapatan dari tahun ke tahun.
Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui bagaimana kinerja atau kondisi perusahaan selama periode tersebut, dengan melakukan analisis laporan keuangan dengan analisis rasio keuangan periode 2019-2021. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pendukung penyusunan Tugas Akhir ini adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Kajian dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi PT Adhi Guna Putera periode 2019-2021.
Berdasarkan hasil analisis rasio likuiditas, dapat dikatakan kondisi perusahaan dalam keadaan yang cukup likuid. Namun, terjadi penurunan nilai rasio di tahun 2021. Berdasarkan rasio solvabilitas, dapat dikatakan bahwa pendanaan perusahaan lebih banyak dibiayai oleh kreditur. Berdasarkan rasio profitabilitas, dapat dikatakan bahwa perusahaan menanggung beban jasa serta beban umum dan administrasi yang cukup besar terhadap pendapatan jasa, sehingga laba bersih yang diperoleh perusahaan cukup kecil yang berpengaruh terhadap tingkat pengembalian atas investasi yang menjadi kurang efektif. Berdasarkan hasil analisis rasio aktivitas, dapat dikatakan bahwa perusahaan cukup efektif dalam memanfaatkan aset yang dimilikinya untuk menghasilkan pendapatan. Hasil dari pengukuran kinerja menunjukkan bahwa di tahun 2021 perusahaan mengalami banyak penurunan nilai rasio yang menunjukkan kondisi perusahaan dalam keadaan yang kurang baik. Penurunan pendapatan pada periode 2020-2021 juga disebabkan oleh oleh berkurangnya kegiatan operasional perusahaan akibat dari adanya kontrak kerja yang kegiatannya tidak menghasilkan pendapatan yang tinggi serta adanya kendala-kendala yang menyebabkan berhentinya kegiatan operasional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Analisis Laporan Keuangan, Analisis Rasio, dan Pengukuran Kinerja
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Accounting
Depositing User: Akuntansi SV IPB
Date Deposited: 13 Aug 2022 03:25
Last Modified: 13 Aug 2022 03:25
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10763

Actions (login required)

View Item View Item