Perencanaan Media Promosi di Kawasan Situs Cagar Budaya Batujaya Berdasarkan Persepsi Masyarakat Kabupaten Karawang

Aulia, Tasya (2022) Perencanaan Media Promosi di Kawasan Situs Cagar Budaya Batujaya Berdasarkan Persepsi Masyarakat Kabupaten Karawang. Project Report. IPB University.

[img] Text (Cover)
J3B119066-01-Tasya-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ringkasan)
J3B119066-02-Tasya-Ringkasan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
J3B119066-03-Tasya-Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
J3B119066-04-Tasya-Daftarisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
J3B119066-05-Tasya-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir (Full Text))
J3B119066-06-Tasya-Tugasakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://sv.ipb.ac.id

Abstract

Kabupaten Karawang memiliki kekayaan budaya yang berpotensi menjadi daya Tarik wisata dan dapat dipromosikan ke seluruh nusantara. Perencanaan Media Promosi di Kawasan Cagar Budaya Batujaya bertujuan untuk (1) mengidentifikasi sumberdaya kawasan, (2) mengetahui karakteristik, persepsi dan preferensi masyarakat, dan (3) mengetahui karakteristik, persepsi dan kesiapan pengelola, serta (4) merancang media promosi yang akan dibuat berdasarkan persepsi masyarakat. Metode yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah observasi, wawancara dengan menggunakan teknik Snowball Sampling, studi literatur pada sumberdaya kawasan, penyebaran kuesioner secara online untuk pengelola secara purposive sampling, dan pada data masyarakat secara Random Sampling. Analisis yang digunakan dalam Tugas Akhir yaitu menggunakan kualitatif untuk mendeskripsikan sumberdaya kawasan cagar budaya, dan analisis kuantitatif dengan menggunakan skala likert 1-5, dan menggunakan indikator penilaian Avenzora (2008). Kawasan Situs Cagar Budaya Batujaya memiliki 62 titik situs, yang terdiri dari 30 situs yang sudah diekskavasi, lima situs sudah menjadi daya tarik wisata, dan 25 titik situs yang baru diketahui keberadaannya. Lima situs yang sudah menjadi daya tarik wisata yaitu Situs Candi Jiwa, Situs Candi Blandongan, Situs Damar, Situs Telagajaya VIII, dan Museum Situs Cagar Budaya Batujaya. Berdasarkan hasil identifikasi menunjukkan bahwa pengelola Kawasan Situs Cagar Budaya Batujaya setuju dengan adanya perencanaan media promosi berdasarkan persepsi masyarakat Kabupaten Karawang. Sebagian besar masyarakat Kabupaten Karawang memilih media promosi berupa media sosial Instagram, dan merchandise sebagai media promosi karena media tersebut merupakan media yang sering digunakan oleh masyarakat saat ini. Rancangan luaran perencanaan media promosi ini yaitu membuat e-leaflet Instagram, dan desain untuk branding merchandise.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Cagar Budaya Batujaya, Promosi Batujaya
Subjects: Student Project Report
Divisions: School of Vocational Studies > Ecotourism
Depositing User: Ekowisata SV IPB
Date Deposited: 10 Aug 2022 08:45
Last Modified: 10 Aug 2022 08:45
URI: https://ereport.ipb.ac.id/id/eprint/10579

Actions (login required)

View Item View Item